Mengelola Lembar Kerja

Secara default,setiap anda membuka program Excel,maka di layar akan terlihat nama buku kerja ( workbook ) Book1.Pada buku kerja Book1 tersebut terdiri dari beberapa lembar kerja ( worksheet ) yang diberi nama Sheet1,Sheet2 dan seterusnya.Setiap sheet terdiri dari beberapa kolom dan baris.Pada lembar kerja inilah anda dapat melakukan entri,format dan proses lain sesuai keinginan.



TAMPILAN BEBERAPA BUKU KERJA


Bila anda mengaktifkan file lebih dari satu,maka anda dapat mengatur tampilan lembar kerja tersebut dengan cara sebagai berikut :

1.Aktifkan 2 atau lebih file Excel,misalnya Latihan1 dan Latihan2

2.Klik menu Window->Arrange

3.Di layar akan terlihat kotak dialog Arrange Windows

4.Klik pilihan Vertical

5.Klik tombol OK


Untuk pindah dari satu jendela ke jendela lain,gunakan salah satu cara berikut :

1.Klik pada jendela buku kerja yang akan diaktifkan

2.Atau tekan tombok Ctrl+F6

3.Atau klik menu Window,kemudian klik salah satu buku kerja yang berada pada tampilan tersebut





 MEMBAGI JENDELA LEMBAR KERJA


Apabila anda membuat tabel atau laporan yang cukup panjang,maka anda dapat mengatur tampilan lembar kerja tersebut menjadi dua bagian.Ikuti cara berikut ini :

1.Aktifkan tabel atau laporan sesuai keinginan,misalnya file Latihan1

2.Tempatkan pointer pada alamat sel tertentu,misalnya klik sel A5

3.Klik menu Window->Split

4.Lembar kerja akan terlihat menjadi 2 bagian sesuai dengan posisi pointer


Dapat juga dengan salah satu cara berikut :

a)Tempatkan mouse pointer pada kotak split,kemudian drag sampai posisi yang diinginkan

b)Double click pada kotak split tersebut,sehingga lembar kerja akan terbagi menjadi dua bagian dengan ukuran yang sama


Untuk menghilangkan tampilan split,gunakan salah satu cara berikut ini :

a)Klik menu Window->Remove Split

b)Atau tempatkan mouse pada pembatas split di lembar kerja tersebut,kemudian klik dan geser ke bawah atau ke atas sampai ke luar dari tampilan lembar kerja

c)Atau tempatkan mouse pada pembatas split di lembar kerja,kemudian double click pada posisi split tersebut.



MENYEMBUNYIKAN / MENAMPILKAN GRIDLINES


Secara standard pada tampilan lembar kerja terlihat garis-garis (gridlines),sehingga memudahkan dalam entri data.Anda dapat menyembunyikan atau menampilkan kembali gridlines tersebut dengan cara berikut ini :

1.Klik menu Tools->Options

2.Di layar akan terlihat kotak dialog Options

3.Klik tab View

4.Klik pada bagian Gridlines,sehingga simbol ceklist akan hilang dan gridlines akan tersembunyi.Apabila akan menampilkan kembali,tandai dengan ceklist pilihan tersebut

5.Klik tombol OK



MENGATUR KOLOM


Berfungsi untuk menentukan kebutuhan kolom sesuai dengan data,misalnya merubah lebar kolom,menyembunyikan atau menampilkan kolom.


A.Mengubah Lebar Kolom

1.Aktifkan file Latihan2 yang telah anda buat sebelumnya

2.Pilih kolom yang akan dirubah lebarnya,misalnya klik Kolom B.Apabila yang akan dirubah beberapa kolom,maka sorot kolom tersebut

3.Klik menu Format->Column->Width

4.Di layar terlihat kotak dialog Column Width

5.Tentukan lebar kolom sesuai keinginan,misalnya 13

6.Klik tombol OK


Mengubah lebar kolom dapat dilakukan dengan menggunakan mouse.Ikuti cara berikut ini :

1.Tempatkan mouse pointer disebelah kanan kolom yang akan dirubah lebarnya,misalnya kolom C (Penunjuk mouse akan berubah menjadi anak panah dua arah)

2.Klik dan jangan dilepas,kemudian geser ke kiri untuk mengecilkan lebar kolom atau ke kanan untuk melebarkan kolom


B.Menyembunyikan atau Menampilkan Kolom

1.Pilih kolom yang akan disembunyikan

2.Klik menu Format->Column->Hide

3.Kolom yang dipilih tersebut akan tersembunyi


Untuk menampilkan kembali kolom yang telah disembunyikan tersebut,gunakan cara berikut :

1.Pilih kolom yang akan ditampilkan atau beberapa kolom yang diinginkan

2.Klik menu Format->Column->Unhide

3.Maka kolom yang disembunyikan akan ditampilkan kembali


C.Menyisipkan Kolom

1.Pilih kolom yang akan disisipkan,misalnya kolom A

2.Klik menu Insert->Column


D.Menghapus Kolom

1.Pilih kolom yang akan dihapus,misalnya kolom A

2.Klik menu Edit->Delete



MENGATUR BARIS


Mengatur baris terdiri dari merubah tinggi baris,menyembunyikan atau menampilkan baris.


A.Mengubah Tinggi Baris

1.Pilih baris yang akan diubah tingginya,misalnya baris 4.Apabila beberapa baris,maka sorot beberapa baris tersebut.

2.Klik menu Format->Row->Height

3.Kotak dialog Row Height akan terlihat di layar

4.Tentukan tinggi baris sesuai keinginan,misalnya 17

5.Klik tombol OK


Selain itu,dapat juga dengan cara berikut ini :

1.Tempatkan mouse pointer disebelah bawah dari nomor baris yang akan dirubah tingginya,misalnya baris 4 (penunjuk mouse akan berubah menjadi anak panah dua arah)

2.Klik dan jangan dilepas,kemudian drag ke atas atau ke bawah sesuai keinginan


B.Menyembunyikan atau Menampilkan Baris

1.Pilih atau sorot baris yang akan disembunyikan

2.Klik menu Format->Row->Hide

3.Baris yang dipilih tersebut akan tersembunyi.


Sedangkan untuk menampilkan kembali baris yang telah disembunyikan,gunakan langkah berikut :

1.Pilih atau sorot beberapa baris yang tersembunyi

2.Klik menu Format->Row->Unhide

3.Maka baris yang tersembunyi akan ditampilkan kembali


C.Menyisipkan Baris

1.Pilih baris yang akan disisipkan baris kosong,misalnya baris 1 dan baris 2

2.Klik menu Insert->Rows


D.Menghapus Baris

Untuk menghapus baris yang diinginkan,ikuti langkah berikut :

1.Pilih baris yang akan dihapus

2.Klik menu Edit->Delete Bookmark and Share

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Post a Comment