Rumus dan Fungsi

Salah satu kemampuan yang canggih dari Excel adalah penggunaan rumus dan fungsi.Dengan rumus dan fungsi tersebut,maka dapat menyelesaikan berbagai kasus perhitungan dengan jumlah data yang banyak secara mudah,cepat dan tepat.


A.Menggunakan Rumus

Rumus merupakan perintah matematika yang ditempatkan pada sel tertentu.Dalam perhitungan tersebut membutuhkan operator aritmatik.Urutan operator hitung tersebut adalah sebagai berikut:

1. () = pengelompokan
2.^ = pangkat
3.* = perkalian
4./ = pembagian
5.+ = penjumlahan
6.- = pengurangan

Setiap menggunakan rumus,harus didahului dengan karakter "="



a)Menulis Rumus dengan Angka Tetap

Jika anda akan melakukan perhitungan dengan jumlah data yang terbatas,maka anda dapat menggunakan dengan angka tetap.Misalnya anda akan melakukan perhitunga luas suatu bangun persegi panjang,maka ikuti cara berikut:

1.Buatlah tabel dan simpan.

2.Tempatkan penunjuk sel pada posisi yang diinginkan,klik sel

3.Ketik rumus,misal =9*4,kemudian tekan tombol Enter

4.Hasilnya akan terlihat angka 36



b)Menggunakan Rumus dengan Menunjuk Sel

Menghitung dengan cara ini akan mengurangi kemungkinan salah ketik dan jauh lebih mudah dalam pengerjaannya.Ikuti cara berikut :

1.Tempatkan pointer pada posisi yang diinginkan,misal sel C7,lalu diklik

2.Ketik karakter " = "

3.Klik sel C4,Klik karakter perkalian (*),lalu Klik sel C5

4.Tekan tombol Enter

5.Akan terlihat angka 36 pada sel C7



B.Copy Rumus

Jika anda melakukan perhitungan dengan jumlah data cukup banyak dan ditempatkan dalam beberapa baris,maka anda cukup menggunakan rumus pada data pertama,sedangkan data selanjutnya anda lakukan saja proses copy.Berikut ini caranya:

1.Aktifkan file Latihan1 yang pernah anda buat sebelumnya.

Misal,Anda akan melakukan perhitungan Jumlah Harga yang diperoleh dari hasil perkalian antara Jumlah dan Harga Satuan

2.Tempatkan pointer pada posisi yang diinginkan,yaitu klik sel E5

3.Ketik karakter " ="

4.Klik sel C5,lalu ketik karakter " * ",kemudian klik sel D5

5.Tekan tombol Enter

6.Klik sel E5,yaitu sel yang berisi rumus

7.Tempatkan mouse pada Fill Handle (pojok kanan bawah pada alamat sel tersebut)

8.Klik dan jangan lepas,lalu drag hingga alamat sel yang di inginkan,misal E9



C.Menggunakan Referensi Relatif dan Absolut

Apabila anda menggunakan rumus dan melakukan proses copy,maka akan terlihat perubahan pada alamat sel di rumus tersebut sesuai dengan lokasi baru pada rumus.Alamat-alamat sel yang berubah secara otomatis tersebut di sebut dengan alamat Sel Relatif.

Seandainya anda menyorot alamat sel E5,maka akan terlihat rumus =C5*D5,jika alamat sel tersebut di copy ke baris berikutnya,maka rumus pada alamat sel E6 akan menjadi =C6*D6.Begitu seterusnya.

Selain menggunakan rumus dengan alamat sel relatif,anda juga dapat menggunakan alamat sel absolut.Alamat sel absolut merupakan alamat sel yang selalu menunjuk pada sel yang sama (sel tetap).Alamat sel absolut ditandai dengan simbol $.



D.Memakai Fungsi

Fungsi adalah salah satu fasilitas pada Excel untuk menyelesaikan berbagai pekerjaan dalam pengolahan data.Menyisipkan fungsi dapat dilakukan secara manual dengan terlebih dahulu mengetahui bentuk umum dari fungsi tersebut.Disamping itu,anda pun dapat menggunakan fasilitas Wizard yang terdapat pada Insert function.



a)Memasukkan Fungsi Secara Manual

Jika anda akan memasukkan fungsi ke dalam sel secara manual,maka anda mengetikkan seluruh fungsi dan argumennya.Ikuti langkah di bawah ini:

1.Aktifkan nama file Latihan1

2.Tempatkan penunjuk sel pada alamat sel,misal E10

3.Ketik fungsi =SUM(

4.Sorot sel E5 hingga E9 atau range E5:E9

5.Ketik kurung tutup,kemudian tekan tombol Enter


b)Memasukkan Fungsi dengan Insert Function

1.Aktifkan nama file yang akan dihitung

2.Tempatkan pointer pada sel hasil perhitungan

3.Klik menu Insert->Function

4.Akan terlihat kotak dialog Insert Function

5.Pada bagian Or select a category klik kategori fungsi yang akan digunakan,misal Math&Trig

6.Pilih fungsi yang diinginkan pada bagian Select a function,misalny SUM

7.Klik OK,maka akan terlihat kotak dialog Function Arguments

8.Isi argumen yang sesuai keinginan.Pada bagian Number1 menentukan range data yang akan di hitung

9.Klik Ok




E.Fungsi Statistik

Fungsi ini adalah fungsi yang digunakan untuk menyelesaikan perhitungan dan analisa dari sekumpulan data angka.Fungsi-fungsi statistik tersebut antara lain:


a)AVERAGE
Digunakan untuk mencari nilai rata-rata dari sekumpulan data


b)COUNT
Digunakan untuk mencari nilai berapa banyak data yang terdapat dalam range tertentu (sel yang terisi data)


c)MAX
Dipakai untuk mencari nilai tertinggi dari sekumpulan data angka


d)MIN
Digunakan untuk mencari nilai terendah dari sekumpulan data angka


Selain menggunakan perintah di atas,anda dapat menggunakan cara lain,yaitu dengan memilih ikon AutoSum pada toolbar Standard




F.Menggunakan Fungsi Logika (IF)

Digunakan untuk menguji suatu pernyataan,dimana apabila pernyataan benar,maka pilihan 1 yang dipilih,sedangkan apabila salah,maka pilihan 2 yang dipilih.


Bentuk umum dari fungsi ini adalah:

=IF (logical_test,value_if_true,value_if_false)


Artinya apabila ekspresi logical_test benar,maka perintah pada value_if_true yang akan dilaksanakan,sebaliknya apabila ekspresi logical_test salah,maka perintah pada value_if_false yang akan dilaksanakan.

Operator relasi atau pembanding yang digunakan:

=

< >

<= : lebih kecil atau sama dengan >= : lebih besar atau sama dengan

<> : tidak sama dengan Bookmark and Share

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Post a Comment