USB 3.0

Tahun ini akan menjadi tahunnya USB 3.0. Tren ini melejit di ajang Computex 2010 ( 1 – 5 Juni )  di Taipei. Bisa dibilang cukup banyak booth memajang perangkat dengan koneksi penerus USB 2.0 tersebut.
Beberapa notebook sudah mulai mempelihatkan port yang mampu mentransfer data 10x lebih cepat dibandingkan USB 2.0 yang banyak dipakai sekarang. Sebagai gambaran, dengan USB 3.0 kamu hanya perlu waktu 1 menit untuk menyalin file berukuran 4,8GB ( DVD ).Wow!Awesome.

Yang menarik, USB 3.0 juga akan turut hadir di beberapa model terbaru netbook Asus. Seri-seri Eee PC yang mengemaskan port USB 3.0 itu antara lain 1018, 1015, 1015PN, 1016, dan 1215. Semuanya juga mendukung Cloud Computing. Karena itu storage - nya campuran : hard disk 250/320 GB dan Asus Webstorage ( online storage ) 500GB.

Yang unik adalah Eee PC 1215. Lihatlah layarnya yang lebih besar dari lainnya. Jika yang lain punya layar 10,1”, Eee PC 1215 memamerkan layar 12,1”. Netbook atau notebook nih? “ Netbook,” jawab S.Y. Shian ( Corporate Vice President & General Manager, Notebook Business Unit, Asustek Computer Inc. ) di sela-sela ajang Computex 2010.

Netbook, tutur Shian, memang harusnya berlayar 10,1” sesuai dengan kesepakatan dengan Intel sebagai penyedia prosesor. Namun Intel tidak keberatan jika Asus menggunakan layar 12,1” tersebut di netbook terbarunya ini. Ukuran 12” dipilih karena berdasarkan masukan dari konsumen, resolusi pada ukuran 10,1” tidaklah memadai. Di Eee PC 1215, resolusinya menjadi 1366×768 “Cuma kami beli harga Atom-nya lebih mahal,” kata Shian.

Eee PC 1215 ini juga tambah menarik karena akan merupakan netbook pertama Asus yang mengemaskan Intel Atom D525 dual core dan mengusung teknologi Optimus dari Nvidia ION. Baterai Li-Ion 6-cell-nya disebutkan akan mampu bertahan 7 jam.Inovasi yang sangat menakjubkan bukan?

Penyertaan USB 3.0 di netbook, kata Shian, menyebabkan harga netbook - netbook yang dijadwalkan keluar pada kuartal dua tahun ini menjadi lebih mahal dibandingkan yang menggunakan USB 2.0.Namun,dibalik  itu,kita akan merasa sangat puas,karena itu merupakan harga yang pantas bagi USB 3.0.Ia menjanjikan keunggulan,sebagai berikut :

Transfer yang lebih tinggi tingkat ( sampai 4,8 Gbps ).
Peningkatan bus dan peningkatan daya maksimum menarik perangkat saat ini untuk lebih mengakomodasi perangkat yang haus kekuasaan.
Fitur baru manajemen daya.
Full-duplex data transfer dan dukungan untuk transfer jenis baru.
Konektor dan kabel untuk kecepatan transfer data yang lebih tinggi ... meskipun mereka kompatibel dengan perangkat USB 2.0 dan komputer.


Bagaimana USB 3.0 mampu mencapai kinerja ekstra?

USB 3.0 mencapai kinerja yang jauh lebih tinggi dengan cara beberapa perubahan teknis. Mungkin perubahan yang paling jelas adalah bus fisik tambahan yang ditambahkan secara paralel dengan bus USB yang ada 2,0. Ini berarti bahwa di mana USB 2.0 sebelumnya mempunyai 4 kawat ( kekuasaan, tanah, dan sepasang untuk data diferensial ), USB 3.0 menambahkan 4 lebih untuk dua pasang sinyal diferensial ( menerima dan mengirim ) untuk total gabungan 8 koneksi pada konektor dan pemasangan kabel. Kedua pasangan ekstra yang diperlukan untuk mendukung persyaratan bandwidth target SuperSpeed USB, karena dua sinyal diferensial kawat USB 2.0 tidak cukup.

USB 3.0 menggunakan data dua arah dibandingkan pengaturan antarmuka USB 2.0 yang setengah rangkap,dimana data hanya dapat mengalir dalam satu arah pada satu waktu.USB 3.0 memberikan peningkatan sepuluh kali lipat bandwidth teoritis, dan perbaikan akan terlihat oleh siapapun ketika produk SuperSpeed USB ini menekan pasar.

Jadi nggak sabar,pengen nyobain...

Dari : berbagai sumber Bookmark and Share

{ 6 komentar... Views All / Send Comment! }

maylan said...

yoyoy,maksih dah berkunjung

Jasmine said...

@koin: iya tar q coba ka,hehehe,mksh dah brkunjung,
Vulkanis : iya ka,inovasinya teknologi tiada henti,hehehe

ariefborneo said...

Lengkap informasi USB..THNXS dah berbgi

Jasmine said...

arief : maksh dah berkunjung

Unknown said...

wah udah ada toh fd versi terbaru 3.0??? wah hebat neh, perlu dicoba tuh seberapa hebatnya :) salam kenal mbak :D

Download Kumpulan e-Book Gratis

jasmine said...

@Blog pengembangan diri: mkch dah brkunjg...jangan pgl mbak agh,brasa tua ne ak,hahaha

Post a Comment