Light Peak Pengganti USB 3.0

Apakah teman – teman berpikir bahwa USB merupakan sarana terbaik untuk mentransfer data? Yakin nih,udah puas dengan kerja USB yang sangat praktis? Tunggu dulu, kamu harus baca artikel yang satu ini .Yaitu teknologi Light peak sebagai pengganti USB di masa depan.Hmmm apa ya?Cari tau yuk….


Intel datang dengan inovasi terbaru, teknologi canggih ini diberi nama Light Peak. Perangkat ini akan menghubungkan banyak device dengan kabel optic. Intel mengklaim Light Peak akan menggantikan teknologi USB 3.0 dalam 1 atau 2 tahun mendatang.Ini berarti kebutuhan port yang sudah umum dimiliki banyak gadget akan segera tergantikan teknologi Light Peak. Waduh padahal USB 3.0 baru aja keluar,belum juga booming,eh malah bakalan digantiin. Tetapi yang jelas,rencana tersebut belum tentu diterima oleh pasar.

Sejak setahun lalu, Light Peak memang sudah diperkenalkan oleh Intel kepada publik, namun baru di akhir tahun 2010 ini Intel akan mulai memproduksi teknologi terbarunya itu. Kevin Kahn, senior Intel berharap banyak partner Intel yang bersedia membantu penjualannya.

Teknologi ini memunculkan kecenderungan trend kabel optic,tanpa signal listrik,tetapi digantikan oleh sinar.Manfaatnya,tentu saja dapat mendukung berbagai protokol, diantaraya USB dan serial ATA. Light Peak tidak lain adalah perangkat fiber optik, mengunakan chip controller dan modul optic untuk mentranfer data. Dari signal listrik dirubah ke sinar lalu diterima oleh sensor dan dikembalikan lagi menjadi signal listrik
Light Peak dapat berjalan pada multi protocol di waktu yang sama di lebih dari satu line, sehingga semua data untuk kabel yang terpisah dapat berjalan di satu kabel Light Peak.
Dijelaskan Kahn, konflik antara kedua teknologi, yakni Light Peak dan USB diharapkan tidak ada. Light Peak justru akan menjadi pelengkap dari USB 3.0, karena Light Peak membuat USB dan protokol lain dapat berjalan beriringan di satu kabel yang panjang dengan kecepatan tinggi di masa mendatang.

Selain itu, Light Peak juga mampu mentransfer data dengan kecepatan 10Gbps, lebih cepat untuk mengirim film Blu-ray dalam waktu setengah menit saja. Light Peak di laptop dapat dipasangkan melalui port USB 3.0 dengan komponen tambahan untuk menerima sinyal optic. Light Peak juga tak memerlukan port Light Peak, terutama untuk penggunaan di computer portable, tambah Kahn.

Light Peak membutuhkan komponen lebih mahal, sedangkan chip controller dibuat oleh Intel. Sisanya harus dibuat oleh perusahaan lain. Hasilnya sebuah produk dan device Light Peak akan lebih mahal dari USB.
Saat ini pengembangan USB port banyak dibuat untuk computer. Bahkan sudah mencapai 12 port untuk satu motherboard.
Apakah teknologi Light Peak mampu bersaing dengan USB 3.0? Kita liat aja nanti,bersamaan dengan dilaunching nya USB 3.0 untuk umum.

Intel, yang mengumumkan Light Peak, dengan harapan akan secara luas digunakan oleh perangkat mulai dari PC untuk elektronik konsumen dan gadget lainnya.

"Kami melihat ini sebagai penerus masa depan yang logis untuk USB 3.0," kata Kahn.

USB ini dipakai secara luas untuk menghubungkan antara perangkat. Gadget sering dibuat dengan USB port termasuk komputer, ponsel, kamera digital dan hard drive eksternal.

Kabel Light Peak terpasang ke laptop melalui port USB 3,0 dengan komponen ditambahkan untuk menerima sinyal optik. Ketika ditanya apakah yang akan menjadi pelabuhan standar yang digunakan untuk Light Peak, Kahn mengatakan USB 3.0 adalah tempat yang memungkinkan untuk memulai karena itu adalah umum, tetapi bahwa "Anda bisa mengambil jalan ukuran, perjalanan ke bawah." Itu bisa mengurangi jumlah ruang yang dibutuhkan untuk port Peak Light, salah satu pertimbangan penting untuk perangkat kecil seperti komputer genggam.


USB 3.0, versi terbaru dari USB, jauh lebih lambat dari Light Peak dengan tingkat sinyal dari 5G bps. Tapi tetap jauh lebih cepat daripada versi USB 2.0. Namun, USB 3.0 belum meluas di perangkat. Itu sebagian karena banyak produsen PC akan menunggu sampai dukungan USB 3.0 dibangun langsung ke dalam chipset mereka,yang hanya diperkirakan akan terjadi akhir tahun depan, menurut sebuah catatan penelitian dari In-Stat.

Intel, yang merupakan vendor utama dari chipset PC, tidak segera menjawab pertanyaan tentang apakah akan meluncurkan chipset dengan built-in dukungan untuk USB 3.0. Seorang juru bicara untuk saingan pembuat chip Advanced Micro Devices mengatakan, perusahaan akan memiliki chipset dengan built-in untuk USB 3.0, tapi menolak menyebutkan kapan.Bikin penasaran aja nih.

Intel mengharapkan sebuah kelompok industri mempromosikan Light Peak untuk memulai tahun depan, kata Kahn. Perusahaan telah mengatakan akan bekerja sama dengan industri untuk membuat Light Peak standar dan kecepatan adopsi.
Intel juga melihat apakah Light Peak akan relevan untuk pusat data, tetapi belum mencapai kesimpulan,kata Kahn.

Intel telah menyatakan bahwa Light Peak adalah protokol independen, yang memungkinkan untuk mendukung standar yang ada dengan perubahan medium fisik. Intel juga mengatakan bahwa Light Peak memiliki kinerja untuk drive mulai dari penyimpanan untuk menampilkan ke jaringan, dan dapat mempertahankan orang - orang kecepatan lebih dari 100 meter berjalan. Sebagai keuntungan atas sistem yang ada, mereka juga mencatat bahwa sistem menggunakan Light Peak akan memiliki konektor lebih sedikit dan lebih kecil, kabel panjang dan tipis, bandwidth yang lebih tinggi, dan dapat menjalankan beberapa protokol pada kabel tunggal.

Salah satu bagian penting dari rantai perangkat yang belum ditampilkan adalah pengontrol untuk perangkat akhir-bus. Dalam kasus USB, controller dapat berisi sirkuit listrik, logika perangkat USB, bersama dengan logika yang dapat diprogram untuk menjalankan perangkat. Sebuah perangkat USB yang sederhana dapat dibangun dengan menambahkan konektor, satu driver chip, dan perangkat keras sistem ini dimaksudkan untuk drive, mouse adalah contoh yang baik dari sistem yang biasanya diimplementasikan menggunakan satu dari rak-chip.Sebuah solusi single-chip yang sama akan permintaan untuk Light Peak juga, tetapi sampai saat ini Intel hanya menyarankan  bekerja dengan mitra industri untuk menyediakan satu. Menurut Intel, perusahaan yang akan memproduksi Light teknologi Peak termasuk Foxconn, Foxlink, IPtronics,SAE Magnetic fokus Fiber Optik Komunikasi Inc, Avago, Corning, Elaser, Oclaro, Ensphere Solusi dan Enablence.



Kabel


Light Peak menggunakan kabel serat optik yang lebarnya sepanajang 125 mikron yang dapat transportasi sinyal inframerah hingga 100 meter. Serat optik biasanya dilapisi dengan lapisan plastik yang melindungi kabel dari kelembaban dan kerusakan lainnya.



Karakteristik

Light Peak memiliki karakteristik sebagai berikut:

10 Gbit / s melalui kabel optik ( hingga 100 meter panjangnya )
Dapat menghubungkan perangkat beberapa pada saat yang sama
Beberapa protokol
Bi-Directional transfer
Kualitas layanan pelaksanaan
Hot pluggable Bookmark and Share

{ 18 komentar... Views All / Send Comment! }

Mang Umarr said...

wiss, light peak lebih keren nih daripada usb 3.0

jasmine said...

@mang umar : iya nih,maksh dh berkunjung.

Jasmine said...

@ardianz : coba ganti gan,biar lebih ok ja c,hehe

Sang Cerpenis bercerita said...

met malam..tks infonya

Jasmine said...

cerpenis : ^^ masama
Allien : hohoho,tunggu aja tanggal mainnya,produk ini emang jawara

catatan kecilku said...

Aduh, ulasannya teknis sekali. Aku kurang paham... hihihi *tersipu malu*

the others... said...

Halooo, ijin tuk baca2 ya..?
Maaf kalau baru bisa mampir kesini

Wolfie said...

kunjungan balasan nih, :)

hehe perkembangan teknologi memang sangat cepat, jadi ga bakal kekurangan ide buat posting nih sis :p

jadi lightpeak ini hanya kabelnya saja ya? karena itu bisa beriringan dengan USB 3.0

oh iya lupa, sudah aku follow.
Follow balik ya sis :p

Jasmine said...

catatan : hihhihi juga :)
the others : tak tungguin dari taun kemaren,ru dateng sekrg tho?hahaha
Wolfie : iya deh,hehe.enaknya di situ bro,nggak kehabisan ide,wkwkwkw

Ipin's cool said...

kira2 mahal gak ytu harganya di banding usb sob

Jasmine said...

ipins: upin nya kmana mas?hehe.Ya kemungkinan sih lebih mahal
om rame : mksh om ^^,

Epenkah said...

gila ya tekhnologi skrg ini, yg penting siapin kenatong tebal aja utk bisa terus menyesuaikan perkembangan.. :-)

Jasmine said...

penghuni :moga aza,amin
epenkah : haha,makannya jgan mpe nganggur ya gan

Anonymous said...

Sebagai teknologi baru, aku rasa di awal banyak yang kurang puas, karena banyak yang tidak paham sehingga rasanya kurang efisien, tetapi lama2 (kalau emang bener2 bagus lho) pasti akan menggantikan USB. Begitulah analisis seorang amatir.
Salam kenal sob...

*Kelabang's Blog*

BRI Jakarta Veteran said...

kayanya layak untuk dicoba nih ... makasih atas infonya. Salam

Irawan said...

saya saja belum ngerasain punya komputer yang ada usb 3 nya masa dah keluar penggantinya T_T... kadang-kadang perkembangan teknologi itu terlalu cepat...

Reni said...

Selamat malam.... mampir lagi... :)

Jasmine said...

kelabang : salam kenal juga ka ^^
BRI : masama ka
irawan : sama gan,hiks :(
Genial : iyo iyo,uedan yo,hehe
Reni : maksih bundakuu tersayang,haha
SentralBlog : mungkin kalo Intell bapa kita,baru deh mau ngertiin,hahaha

Post a Comment