Internet Explorer Versi 7

Bagi pengguna internet,web browser adalah sebuah sarana untuk masuk ke dalam dunia virtual dan berinteraksi di dalamnya.Saat ini kira-kira ada 4 pemain besar dalam dunia browser antara lain Mozila Firefox,Safari,Internet Explorer (IE) dan Opera.

Saat ini,Windows Vista menyertakan IE versi 7 di dalamnya dan menjadi browser standar di semua versi Vista.

Berikut ini akan disajikan secara sekilas apa saja yang baru di dalam IE7 :



1) PENINGKATAN KEAMANAN dan PRIVASI

Ada sebuah fitur baru bernama Phishing Filter,yang bisa membantu melindungi anda dari serangan Phising,penipuan online dan website palsu.Phising merupakan singkatan dari Password Harvesting Fishing,yang artinya tindakan memancing untuk mengumpulkan password.

Phising merupakan salah satu bentuk penipuan untuk mendapatkan informasi penting seperti nomor kartu kredit atau password.Para pelaku tindakan penipuan ini biasanya menyamar sebagai orang atau pebisnis yang terpercaya yang menggunakan website palsu yang tampilannya mirip dengan website aslinya.Saat website phising itu dibuka,maka IE akan secara otomatis memberitahukan anda.

IE7 juga menyertakan mode proteksi yang membantu melindungi komputer anda dari website yang ingin menginstal malware atau menyimpan file di komputer anda tanpa izin.Mode proteksi ini akan aktif dengan sendirinya dan memunculkan status bar yang menunjukkan bahwa mode proteksi aktif.

Tingkat keamanan yang lebih tinggi dan bisa melindungi anda dari ancaman Hacker atau serangan-serangan lain yang datang melalui web.

Hadirnya Security Status yang dapat membantu mengidentifikash apakah sebuah website aman atau tidak sewaktu ingin melakukan transaksi elektronik seperti pembayaran dengan kartu kredit atau e-banking.Security Status akan muncul di samping alamat URL dengan tampilan icon gembok kuning.

Add-on yang ada dapat di disable,sehingga IE bisa dijalankan tanpa toolbar,ActiveX control dan lainnya yang bisa menyebabkan koneksi menjadi lelet.Klik menu Tools,Manage Add-ons,Enable or Disable Add-ons.




 
2) FITUR BARU

Berbeda dengan IE versi sebelumnya,IE7 tampil dalam bentuk tab seperti di Firefox dan Opera yang sudah lebih dulu menggunakan tampilan semacam ini.Selain itu,juga disediakan kotak Instant Search yang memudahkan pencarian melalui Live Search tanpa harus membuka website-nya terlebih dahulu.

Sekarang IE bisa menghapus temporay file,cookie,history,password dan data form hanya dari satu tempat.Klik menu Tools,pilih Delete Browsing History.

Hadirnya Favorites Center untuk mengelola bookmark,feed dan history semuanya dalam satu tempat.Caranya tinggal klik icon bintang berwarna kuning.

Fitur Zoom yang memberikan cara cepat untuk memperbesar atau memperkecil teks dan gambar yang ditampilkan.Klik menu Page lalu Zoom dan tentukan persentasenya.



3) FEED

Yang kadang disebut sebagai Really Simple Syndication (RSS) saja,adalah keluarga format file XML yang digunakan untuk web syndication pada website berita atau weblog.Dengan RSS,seseorang dapat membaca ringkasan berita dari website lain tanpa harus membuka website tersebut.Pada website yang memiliki fasilitas feed,IE akan mendeteksinya dan mengaktifkan icon RSS.Klik icon tersebut,dan selanjutnya ikuti panduan yang diberikan oleh website tersebut.




FILE TRANSFER PROTOKOL

FTP adalah protokol/jalur yang digunakan untuk mengirim atau menerima file dari satu komputer ke komputer lain melalui jaringan TCP/IP.FTP merupakan jalur yang paling umum digunakan untuk mengirim atau menerima (upload/download) file di internet.

Cara mengakses jaringan FTP tidak berbeda jauh dengan sewaktu mengakses jaringan HTTP.Anda bisa menggunakan browser atau bisa lewat Windows Explorer.Jaringan FTP selalu dimulai dengan "ftp://" bukan "http://".
Tidak semua FTP bisa bebas diakses begitu saja.Ada FTP yang mengharuskan anda memasukkan username dan password terlebih dahulu untuk mengaksesnya.




DOWNLOAD dan UPLOAD

Proses download melalui FTP mudah sekali untuk dilakukan.Pertama-tama,buka FTP tersebut melalui IE.Jika sudah terbuka,klik direktori yang diinginkan kemudian cari file yang ingin di download.Bila sudah ketemu,klik kanan lalu pilih Save Target As.

Untuk meng-upload ke FTP,biasanya dibutuhkan izin khusus dari si pemilik FTP tersebut yang berupa username dan password.Pertama,buka FTP di IE kemudian klik tombol Page dan pilih Open FTP site in Windows Explorer.Masukkan user name dan password bila ditanya.Bila sukses,maka untuk mengupload ke FTP tersebut,tinggal copy file yang diinginkan lalu di-paste di directory FTP.


Dari : berbagai sumber Bookmark and Share

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Post a Comment