Outlook 2007

Bagi pengguna Outlook 2003,sekilas tampak tidak ada perubahan yang signifikan pada tampilan Outlook 2007,setidaknya masih memberikan ciri khas tampilan default three - pane view,tetapi dengan nuansa yang lebih segar.Cobalah bermain-main sejenak dan membiasakan diri dengan berbagai hal baru pada Outlook 2007 dan lihat apakah anda sudah menemukan beberapa fitur baru sebagai berikut :



a) OFFICE BUTTON


Jika anda kehilangan menu drop-down konvensional seperti File I Save As,jangan khawatir karena menu tersebut digantikan dengan Office Button.Yakni,sebuah icon eye - catching yang terletak pada pojok kiri atas.Klik button tersebut dan anda dapat melihat menu drop-down dengan berbagai fungsi.





b) RIBBON

Istilah populer pada Office 2007,menunjukkan sebuah pane pada bagian atas window,yang memuat berbagai tombol atau ikon untuk melakukan fungsi-fungsi tertentu.Berbeda dengan beberapa aplikasi Office 2007,Outlook menerapkan konsep Ribbon hanya pada form new / edit,misalnya pada saat membuka jendela New I Mail Message.




c) QUICK ACCESS TOOLBAR

Jangan lupa untuk memperhatikan bagian kiri atas form ( secara default terletak di atas Ribbon ),terdapat sebuah toolbar kecil yang disebut Quick Access Toolbar.Menu pada QAT dapat di customize sehingga anda dapat meletakkan command - command yang sering digunakan.






d) MINIBAR

Saat anda sedang berada pada sebuah form ( misalnya saat mengetik e-mail ) dan menyorot teks tertentu,akan tampak sebuah palette yang disebut dengan MiniBar,yang menyediakan menu untuk melakukan format text dengan cepat seperti Bold,Italic,Font Size,dan seterusnya.




e) TO-DO BAR

Mudah menemukannya,pada window utama,carilah satu-satunya pane yang berbentuk vertikal.To-Do Bar menampilkan calendar berisi jadwal yang akan datang.Jadi,jangan salahkan Outlook jika anda melewatkan janji yang penting.




f) RSS SUBSCRIPTION

Web feed sering disebut sebagai teknologi yang bersaing dengan teknologi e-mail,ternyata jika dua teknologi yang popular itu bertemu,yang terjadi bukanlah perang bintang,tetapi Outlook 2007.Ya,Outlook telah mengintegrasikan fitur RSS (salah satu format web feee yang popular) dan menjadikan Outlook berfungsi juga sebagai RSS aggregator.


g) INSTANT SEARCH

Pencarian yang cepat dan mudah dapat dilakukan dengan Instant Search,juga disediakan Advanced Search dengan Query Builder untuk pencarian yang melibatkan lebih banyak kriteria.Jika Instant Search belum terinstal pada Outlook,temukan tulisan Click here to enable Instant Search dan ikuti instruksi yang diberikan.


h) INTEGRASI

Outlook menjadi semakin pintar dengan kemampuan integrasi dengan software lain.Antara lain,Outlook 2007 menggunakan engine Word sebagai editor,integrasi dengan Office OneNote 2007,mendukung pengeditan konten yang disimpan pada server SharePoint,dan memiliki add-in Business Contact Manager for Outlook 2007. Bookmark and Share

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Post a Comment