Wireless Networking

Apabila anda ingin menggunakan laptop secara bebas untuk bisa mengakses Internet/bertukar data dalam network dan tidak dibatasi gerak oleh kabel,maka pilihan satu-satunya adalah wireless network.Memang secara umum biaya untuk pembuatan wireless networking lebih mahal dan memiliki kecepatan yang lebih lambat dan kurang stabil jika dibandingkan wired networking.Namun,hal ini tidak akan menjadi masalah karena kebanyakan laptop saat ini sudah mengintegrasikan fungsi wireless networking ini.




Untuk kecepatan,jika anda tidak bermain games lewat network,anda tidak akan merasakan perbedaan kecepatan yang berarti.Lambat dan kurang stabilnya koneksi wireless biasanya disebabkan karena adanya gangguan ( interfere ) dari peralatan elektronik yang memancarkan gelombang radio seperti halnya yang digunakan oleh teknologi wireless.Juga disebabkan oleh obtacle atau media penghalang seperti tembok dan sebaiknya.


Memulai dengan Wireless Networking

Langkah pertama sebelum memulai menggunakan wireless networking adalah menentukan teknologi wireless terlebih dahulu.Wireless network mengirimkan data melalui gelombang radio yang memiliki tiga standar baku,yakni 802.11b,802.11g,dan 802.11a.Jika anda ingin membeli perangkat wireless,pastikan anda memilih yang paling baru,paling cepat,dan memiliki kompatibilitas tinggi.

802.11g standar adalah teknologi yang paling baru dengan kemampuan transfer data sebesar 54 Mbps.Router 802.11g yang lebih baru lagi memiliki kecepatan transfer data 108 Mbps.Sedangkan,standar 802.11a memiliki kecepatan 54 Mbps,dan 802.11b standar memiliki kecepatan maksimum 11 Mbps lebih lambat dibandingkan versi a dan g.



MENGONEKSIKAN HARDWARE


Perlengkapan yang anda butuhkan untuk membangun wireless networking antara lain adalah wireless router ( atau bisa juga disebut access point ) dan wireless network adapter untuk setiap komputer dalam network anda.

Anda harus menentukan teknologi mana yang akan anda pilih.Apakah 802.11a,b,atau g,tergantung pada perlengkapan yang sudah anda miliki.Selain itu,anda juga memerlukan koneksi broadband dengan modem untuk bisa mengakses internet.

Sebelum mulai mengoneksikan hardware tersebut,pastikan anda sudah membaca seluruh manual dari hardware tersebut.Wireless router biasanya menyertakan manual dan CD driver serta aplikasi di dalamnya.Dengan CD tersebut,anda bisa mengatur sendiri setting-an wireless network yang anda suka.Dan jika anda membeli wireless network yang anda suka.Dan jika anda membeli wireless network adapter,mereka juga menyediakan CD driver,software dan manual.


Cara yang paling tepat adalah menginstal router tersebut menggunakan CD driver bawaan terlebih dahulu.Jika kemudian anda menemukan kesulitan dan gagal menginstalasi router tersebut,anda bisa menggunakan menu Network and Sharing Center untuk melakukan konfigurasi.




1) Koneksi Modem

Anda memerlukan eksternal modem untuk melakukan setup pada wireless router anda.Jika anda tidak yakin kalau modem anda sudah terkoneksi dengan benar atau juga anda perlu menginstal ulang modem tersebut.
Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

a) Hubungkan modem ke PC dengan OS.Anda bisa mengoneksikan modem dengan USB,namun untuk alasan keamanan gunakan port ethernet pada modem tersebut.

b) Nyalakan modem kemudian instal driver atau aplikasi yang ada pada CD bawaan modem tersebut.Ikuti langkah demi langkah.( ada pula yang sudah plug and play )

c) Pastikan lampu LED berkedip pada modem bertanda modem telah terinstal dengan baik sebelum menggunakannya.



2) Install Wireless Router

Biasanya perangkat ini juga dilengkapi dengan CD driver dan software.Biasanya juga sebelum anda bisa menggunakan router tersebut,anda diharuskan menginstal CD software tersebut terlebih dahulu.Installation wizard akan menuntun anda ke dalam proses instalasi dimana biasanya driver,tutorial,dan informasi setup yang anda butuhkan untuk menciptakan network.

Setelah instalasi selesai,anda diharuskan menghubungkan beberapa perangkat ke dalam router.Lalu kemudian juga secara otomatis sistem akan reboot untuk kemudian bisa mengaktifkan wireless network.




3) Mengonfigurasi Basic Setting

Saat melakukan setup,basic setting harus anda konfigurasi terlebih dahulu.Salah satu basic setting adalah pilihan yang memerlukan anda untuk menentukan apakah koneksi internet anda memerlukan login name dan password/tidak.

Basic setting yang lain adalah termasuk kebutuhan akan IP dan DNS address akan ditentukan secara otomatis dan juga apakah anda ingin menggunakan third-party security sebagai pengaman tambahan untuk wireless network anda.




4) Setup Koneksi

Melakukan setup koneksi termasuk juga menghubungkan wireles router,modem,dan PC.Modem sebelumnya harus sudah terinstal dan terkonfigurasi dengan benar,sama seperti PC.Satu-satunya hardware yang akan ditambahkan adalah wireless router.Sebelum menambahkan,tentukan dahulu tempat router berada di tengah-tengah atau center dari area dimana seluruh PC akan terkoneksi dengan network.

Pastikan juga wireless router jauh dari gangguan gelombang radio yang dipancarkan oleh peralatan lain,seperti microwave,telepon cordless atau PC.Pastikan antena router tersebut dalam keadaan berdiri.

Untuk menambahkan wireless router,ikuti langkah di bawah ini :


a) pastikan modem dalam keadaan nyala.

b) hubungkan ethernet cable pada port ethernet modem ke port WAN yang ada di wireless router.

c) hubungkan PC dengan OS,dengan menggunakan ethernet cable ke wireless router.

d) tes koneksi dengan cara melakukan browsing di Internet.




Source : berbagai sumber Bookmark and Share

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Post a Comment