Networking

TIPE KONFIGURASI NETWORK



1) Direct Connection
Seandainya anda hanya memiliki 2 buah komputer dalam network,dan juga anda percaya secara penuh terhadap user lain untuk mengakses kedua komputer tersebut,jenis koneksi ini bisa anda pilih.Memang tipe koneksi ini adalah koneksi kali pertama yang digunakan untuk menghubungkan antardua buah komputer atau lebih.Koneksi yang dihasilkan sangat lambat,sangat tidak disarankan dan bukan pilihan yang bagus,meskipun anda hanya memiliki dua buah komputer untuk dihubungkan.



Direct Connection menghubungkan dua buah komputer yang masing-masing berjalan secara individu,namun keduanya bisa saling bertukar data dan informasi lain.Dengan tipe network ini,anda hanya memerlukan 2 buah komputer dan sebuah kabel.Pilihan ini sangat tepat jika anda ingin menghemat uang untuk membeli hardware network tambahan.Juga mungkin ini satu-satunya pilihan jika 2 buah komputer itu memiliki spesifikasi jadul atau sistemnya hanya terinstal Windows 95 atau Windows 98.Koneksi internet bisa dibagi antardua buah komputer dengan menggunakan koneksi network jenis ini.




Null Modem Cable

Ini adalah cara yang paling tua untuk menghubungkan 2 buah komputer atau membuat home network.Koneksi ini akan menghubungkan dua buah komputer melalui port serial atau parallel dari masing-masing komputer,karena pada zaman dulu seluruh komputer memiliki 2 port tersebut.

Untuk jenis komputer sekarang sudah tidak banyak lagi yang menyertakan 2 port tersebut,namun kemungkinan anda masih bisa menjumpai port parallel.Jadi jika anda ingin menggunakan metode ini,pastikan terlebih dahulu bahwa kedua komputer yang akan anda hubungkan memiliki port parallel tersebut.



Ethernet Crossover Cable

Anda dapat melakukan koneksi 2 buah komputer dengan metode ini.Supaya bisa berjalan,kedua komputer harus mewakili Network Interface Card.NIC ini yang akan menawarkan koneksi antara dua buah komputer dengan menggunakan ethernet cable.

Ini adalah pilihan bagus,baik untuk koneksi internet dial-up maupun koneksi broadband karena data akan berjalan lebih cepat dari satu komputer ke komputer lain,meskipun hanya satu komputer yang memiliki koneksi internet,komputer yang lain akan mendapatkan koneksi internet juga.




USB Direct Link

Untuk mengoneksikan 2 buah komputer secara lebih mudah lagi,anda bisa menggunakan metode ini.Microsoft khusus menawarkan sebuah kabel yang disebut dengan Easy Transfer cable.Sekali kabel itu dikoneksikan,network akan secara otomatis mengonfigurasi sendiri.Namun sebelumnya,sistem anda harus sudah siap untuk koneksi ini,seperti misalnya menu Sharing sudah dalam posisi on.


Infrared

Dengan kebutuhan hardware yang tepat,anda dapat melakukan koneksi antara dua komputer dengan menggunakan infrared signal.Sama seperti USB,saat anda mengoneksikan dua buah komputer secara otomatis network akan mengonfigurasi sendiri.




2) Ethernet

Apabila anda memiliki lebih dari dua buah komputer di dalam network ataupun belum dijadikan network atau juga jika anda sudah memiliki wired network dengan jumlah komputer banyak yang terhubung di hub,switch,atau router dan ingin secara mudah menambahkan komputer dengan sistem misalnya,Windows Vista,anda dapat memilih jenis koneksi ini.

Pilihan ini bisa dikembangkan secara mudah dalam artian anda bisa menambahkan printer,komputer dan hardware lainnya secara mudah termasuk juga backup device seperti external harddisk atau mesin dengan sistem Windows Home Server.

Ethernet network menghubungkan komputer menggunakan hardware device.Lebih baik anda menggunakan router,meskipun and juga dapat menggunakan hub atau switch.Sebuah router sama layaknya hub atau switch,ia memiliki port ethernet dan bisa mendukung beberapa komputer sekaligus.Standarnya router memiliki 6 port.

Router juga digunakan untuk memisahkan antara dua network yang berbeda seperti internet dan network lokal.Router akan selalu memfilter mana data yang diminta oleh komputer klien,man data yang tidak boleh lewat,ini akan menjaga network anda aman dari trojan,virus dan serangan lainnya.




3) Wireless

Jenis koneksi ini adalah jenis networking yang paling canggih di antara jenis yang lain.Jika anda sanggup wireless network tidaklah terlalu mahal untuk diaplikasikan dan tentunya mudah sekali untuk dikembangkan.

Selain itu,anda membutuhkan peralatan yang baru.Jika di dalam network anda sudah bisa menjalankan Windows XP dan Windows Vista,kemungkinan kebutuhan minimal untuk dapat membuat wireless network sudah terpenuhi.

Wireless network menggunakan gelombang radio,sama seperti ponsel/sejenisnya.Untuk dapat menggunakan teknologi ini,setiap komputer dalam network harus memiliki wireless adapter untuk setiap PC.Anda juga membutuhkan wireless untuk mengoneksikan seluruh PC tersebut.Laptop atau notebook atau netbook,biasanya sudah memiliki wireless card,sedangkan PC desktop bisa terhubung ke wireless network dengan menggunakan USB adapter atau PCI card yang sudah terpasang di dalam komputer tersebut.

Dengan wireless network,seluruh komputer akan secara otomatis menemukan satu sama lain sehingga cukup mudah digunakan.Wireless network bisa dijadikan pilihan utama untuk sistem jaringan anda.

Dari : berbagai sumber Bookmark and Share

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Post a Comment