Setting Internet

Setting Internet

Sebelum menjelajah dunia maya,anda harus mengatur terlebih dahulu segala sesuatu yang dibutuhkan untuk memasuki dunia tersebut.

Untuk menghubungkan komputer ke internet,ada dua hal yang sangat dibutuhkan,yaitu modem dan Internet Service Provider (ISP).ISP adalah penyedia layanan internet yang mana pelanggannya diharuskan membayar sejumlah uang untuk mendapatkan koneksi internet.Biasanya ISP menyediakan 3 layanan koneksi,yakni wireless,dial-up dan broadband (DSL dan cable).Modem yang dipakai pun turut menyesuaikan jenis koneksi yang dipakai.Jika koneksi yang dipakai adalah dial-up,maka modem yang dipakai adalah modem jenis dial-up.




SETTING KONEKSI

Koneksi Digital Subscriber Line dan dial-up biasanya disediakan oleh perusahaan telepon atau perusahaan telekomunikasi,dan cable biasanya disediakan oleh penyedia layanan TV kabel.Pada umumnya,mereka juga sudah menyediakan modem yang dipaketkan dengan tawaran layanan mereka.Jika tidak disediakan,tentu anda harus membelinya sendiri dengan harga berkisar antara 350 ribu sampai 2,5 juta untuk modem broadband dan wireless tergantung pada fitur yang dimiliki.Sementara untuk modem dial-up harganya jauh lebih murah lagi,sekitar 50 ribu sampai 200 ribu.

Setelah semua kabel dan hardware sudah diatur,kini saatnya mengatur koneksinya,semisal di Vista.Buka Control Panel,lalu pilih Network and Sharin Center,klik set up a connection or network,pilih connect to the Internet,dan terakhir pilih koneksi yang dipakai.
Setelah itu ikuti langkah-langkah yang ditampilkan di dalam wizard dengan menggunakan informasi setting yang diberikan oleh ISP.Bila semua sudah selesai,coba jalankan browser dan coba buka sebuah website.




BERBAGI KONEKSI

Dewasa ini,di rumah-rumah yang sudah memiliki koneksi Internet pada umumnya memiliki lebih dari satu komputer.Daripada harus mendaftarkan dan berlangganan koneksi satu-satu,maka lebih baik bila satu koneksi yang ada dibagi beramai-ramai untuk menghemat biaya.Selain menghemat biaya, anda juga menghemat waktu,karena hanya mengatur satu koneksi saja.Ada 2 cara yang bisa dipakai untuk berbagi internet yaitu dengan menggunakan router atau menggunakan Internet Connection Sharing (ICS).


PENGGUNAAN ROUTER

Router ialah sebuah alat jaringan komputer yang mengirimkan paket data melalui sebuah jaringan atau internet menuju tujuannya,melewati sebuah proses yang dikenal sebagai routing.Fungsi router antara lain sebagai penghubung antar dua atau lebih jaringan untuk meneruskan data dari satu jaringan ke jaringan lainnya.Router tersebut akan dihubungkan ke modem dan modem tersebut akan terhubung ke internet.Harus anda pastikan,router yang dipakai sudah dilengkapi firewall.Firewall ini dapat membantu anda menghentikan koneksi yang tidak diinginkan masuk ke dalam jaringan anda melalui Internet.




KONEKSI INTERNET YANG LAMBAT

Seberapa cepat koneksi yang anda gunakan,suatu saat pasti pernah mengalami penurunan kecepatan.Apalagi di negeri kita ini,koneksi broadband belum bisa dijangkau semua lapisan masyarakat pengguna internet aktif.
Perhatikan jenis koneksi anda,DSL dan cable sudah jelas lebih cepat dari dial-up,dan biasanya cable juga lebih cepat dari DSL.Bila anda masih menggunakan dial-up,gunakanlah modem dial-up yang tercepat,umumnya modem-modem tersebut menawarkan koneksi hingga 56 Kbps.Berikutnya perhatikan juga kualitas kabel telepon anda.
Jika kualitas kabel buruk,maka ada kemungkinan menangkap sinyal dari kabel telepon lain.

Dan tentu saja hal itu akan memperlambat koneksi karena modem harus mengirimkan informasi yang sama terus-menerus hingga semua berhasil dikirim tanpa interupsi.Kabel yang buruk dapat diindikasikan apabila ada suara kresek-kresek ketika menelepon.


 
lagi asyik  ngenet
Masalah lain yang bisa membuat koneksi internet menjadi lambat adalah adanya spyware,virus dan lain-lain yang tergolong masuk ke kategori malware.Spyware bisa memperlambat karena ia memantau aktivitas berinternet anda dan itu bisa menambah delay pada koneksi.Bahkan apabila terlalu banyak spyware,koneksi bisa putus.Untuk menanganinya dapat menggunakan aplikasi anti spyware.




Pada beberapa virus,mereka bisa mereplikasikan dirinya dengan cepat dan menyebarkan diri melalui e-mail.Sehingga bandwidth internet yang ada tinggal sedikit saja yang tersisa.Selanjutnya,yang bisa menjadi biang keladi lambatnya koneksi adalag add-on di browser.Add-on tersebut bisa berupa search bar,widget,plugin dan sebagainya.Memang,add-on memiliki fungsi menambah kegiatan berinternet menjadi lebih mudah dan menyenangkan.Tapi secara tidak langsung,pada beberapa add-on akan mencoba meng-update dirinya atau kontennya.Jelas saja,itu bisa memperkecil bandwidth.

Tidak hanya faktor internal saja yang berpengaruh terhadap lambatnya koneksi internet,faktor eksternal pun terkadang ikut andil dalam hal ini.Contohnya,ketika sebuah website diakses oleh sekian banyak orang dalam satu waktu.Jika web server yang dimiliki oleh website tersebut tidak cukup hebat,maka koneksi akan melambat.Anda tidak dapat melakukan apa-apa,karena memang anda tidak memiliki kendali atas server tersebut.

Waktu koneksi yang tidak tepat (sibuk) juga bisa mempengaruhi koneksi.Misalnya,koneksi pada jam-jam setelah pulang sekolah atau pulang kantor,istilah lainya peak hour.Karena pada saat itu banyak sekali orang yang online bersamaan.Jika ingin menikmati koneksi yang stabil atau cepat,cobalah malam hari atau dini hari.

Dari : berbagai sumber
Bookmark and Share

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Post a Comment