Kamus Istilah Komputer


Mau share istilah -istilah dunia komputer nih,mumpung habis baca kamus,biar temen - temen bisa belajar bareng May.Semangat belajar ya...

2,5G.Teknologi tanggung sebelum menuju 3G.Pada periode ini ponsel bisa memainkan EMS ( enhanced messaging service ) dan MMS ( multimedia messaging service ).

3D.3 dimension ( tiga dimensi ).Tampilan gambar yang tak datar karena mempunyai kedalaman sehingga lebih hidup.

3G.3rd generation atau generasi ketiga jaringan mobilephone.Pada generasi ini ponsel bisa mengirim video sebagus audio.

5.1. Konfigurasi spiker yang terdiri dari lima spiker satelit ( sepasang spiker depan,sepasang spiker belakang,spiker sentral ) dan sebuah subwoofer,yang mampu menghasilkan suara surround ( mengitar ) murni.Suara utama dihasilkan oleh tiga spiker di depan ( termasuk subwoofer ),suara dialog dihasilkan oleh spiker sentral,dan suara efek dari belakang dihasilkan oleh spiker belakang.

56 Kbps.Sering disingkat 56 K ( = 56 kilobyte per second ).Kecepatan transfer data.Biasa dipakai untuk menyebutkan tingkat kecepatan dial - up modem.

Absolute address.Sebuah referensi sel yang tidak akan berubah nilainya saat anda meng - copy dan memindahkannya.Misalnya,dalam Excel, $A$1 secara tetap mengacu pada isi sel A1.Anda dapat membuat alamat biasa,seperti B23,menjadi alamat absolut, $B$23 dengan menempatkan kursor di manapun di bagian " B23 " dan menekan kunci F4.

Abuse.Penyalahgunaan network milik orang lain.

Account.Hak untuk memasuki dan memanfaatkan sebuah jaringan komputer,yang diwakili oleh nama dan password.

Active - X.Teknologi ciptaan Microsoft untuk memperkaya sebuah aplikasi,misalnya web browser.

ADSL.Asymmetric Digital Subscriber Line.Teknologi yang mengubah jalur telepon biasa menjadi jalur digital berkecepatan tinggi mampu menerima data ( download ) dari 1,5 - 9 Mbps dan mengirim data ( upload ) 16 - 640 Kbps.

Adware.Software yang bisa didapatkan secara gratis,namun ketika dijalankan akan menampilkan banner atau pesan iklan lainnya

AGP.Accelerated Graphics Port.Slot pada komputer yang digunakan untuk grafik 3D yang amat cepat.Cocok untuk menangani game jenis 3D.
Airport.Perangkat jaringan nirkabel untuk komputer Macintosh.

Alignment.Pengaturan letak teks dan gambar pada sebuah dokumen.Center,berarti simetris.Left,rata kiri.Right,rata kanan.Justify,rata kanan - kiri.

AMPS.Advanced Mobile Phone Service.Standar untuk telepon selular analog yang beroperasi pada frekuensi 800 Mhz.

Analog.Jenis sinyal yang memiliki nilai yang berubah - ubah secara terus - menerus tiap waktu,berbeda dari sinyal digital yang bergerak lebih tepat diantara nilai - nilai yang sudah tetap.Misalnya pada jam.Jam analog menggunakan jarum jam,sedangkan jam digital menggunakan tampilan angka.

Android.Robot yang biasanya berbentuk manusia.

Animasi.Gambar yang bisa bergerak sehingga kelihatan hidup.Misalnya film kartun.

Animated GIF.Gambar bergerak dalam format GIF,yang dirancang untuk tampil di monitor PC anda.Gambar tunggal ini sebenarnya terdiri atar lebih dari satu bingkai gambar ( minimal dua ).Banyak diterapkan pada halaman web.

Anti - alias font.Huruf yang telah mengalami penghalusan garis.

Anti - spam.Program yang menyaring spam ( surat sampah ) yang masuk ke mailbox.

Anti - spyware.Aplikasi untuk mencari,mencegah dan menghapus spyware dari komputer anda.

Antivirus.Program untuk melindungi PC dari serangan virus komputer

Aplikasi.Program atau software untuk menjalankan tugas khusus,misalnya mengetik dan menghitung.

Applet.Aplikasi ringan yang didesain untuk berjalan di dalam aplikasi lain.Tidak seperti aplikasi pada umumnya,applet tidak bisa dijalankan secara langsung dalam sistem operasi.

Archive.Sekumpulan file yang disatukan ke dalam satu file besar atau folder yang telah dikompresi untuk menghemat ruang dan waktu download.

Argument.Bagian dari sebuah rumus yang digunakan untuk menghitung nilai hingga akhir pada spreadsheet ( Microsoft Excel dan sejenisnya ).Misalnya,untuk fungsi SUM,argumennya adalah nilai - nilai dari sel - sel yang ingin anda tambahkan.

Argument variable.Konstanta ( nilai tetap ) untuk mengkalkulasi hasil suatu fungsi.

Artificial intelligence ( AI ).Kecerdasan buatan.Bidang studi komputer yang ingin menghasilkan mesin yang mampu meniru kecerdasan manusia,misalnya dalam penginderaan,pemahaman bahasa dan pengambilan keputusan.

ASCII.American Standard Code for Information.Standar huruf,angka dan tanda baca untuk komputer,yang merujuk aksara latin,yang ditandai dengan angka dari 0 sampai 127

ASP.Active Server Pages,cara penulisan program dari Microsoft untuk mengelola data di server sehingga dapat ditampilkan sebagai halaman web.

ATA.Advanced Technology Attachment.Penamaan yang diberikan oleh American National Standards Institute untuk peranti Integrated Drive Electronics ( IDE ).Biasa diterapkan pada hard disk.

ATAPI.Advanced Technology Attachment Packet Interface.Sistem kontrol kategori sepanjang sumbu x ( horizontal ) dan nilai pada sumbu y ( vertikal ).

Backdoor.Disebut juga sebagai wormhole.Lubang pada sistem komputer yang dapat dimasuki oleh pihak lain melalui jaringan.

Backbone.Saluran utama yang mengatur semua hubungan di internet dengan satelit.

Bad Sector.Kerusakan pada disket dan hard disk sehingga media itu tak dapat terbaca maupun menyimpan data.

Band.Rentang gelombang radio yang dapat dipancarkan oleh sebuah jaringan komunikasi.

Bandwidth.Batas maksimum data yang dapat ditransfer antarperanti dalam satu waktu.Makin besar makin cepat.
Banner.Spanduk digital yang muncul dalam halaman web dan aplikasi yang disponsori oleh pengiklan.
Barcode.Kode batang.Kode yang berwujud gambar,berupa jejeran garis tegak tebal tipis yang memuat sejumlah informasi yang hanya dapat dibaca oleh pemindai khusus.Biasa diterapkan pada kemasan produk dan label harga.

Base.Lengkapnya base station.Bagian utama atau induk dari paket telepon nirkabel ( cordless ),berupa pesawat telepon yang terhubung ke kabel telepon.

Batch.Program yang akan bekerja sendiri tanpa anda perintah.Dalam DOS dan Windows,batch file akan berekstensi " bat ".

Bay.Ruang kosong pada notebook yang biasanya digunakan untuk tambahan hard disk atau CD - ROM.

BBS.Bulletin Board System.Sistem jaringan komputer yang memungkinkan sekelompok pemakai komputer dapat saling berhubungan melalui modem masing - masing dalam waktu bersamaan.Fungsinya sebagai forum diskusi,transfer data dan layanan lainnya.

Bcc.Blind carbon copy.Surat tembusan dalam ber - email yang nama penerimanya tak dapat diketahui oleh penerima lain.

Beta.Versi percobaan sebuah software yang didistribusikan terbatas,dan penggunaanya diharapkan akan menemukan kekurangan atau cacat pada programnya.

Binary.Binary code ( kode biner ).Sistem pengodean yang dipakai komputer untuk menyimpan dan membaca data dalam format dua digit angka,0 dan 1.

BIOS.Basic Input Output System.Software yang dipasang pada chip komputer untuk mengatur operasi dasar seperti layar,hard disk dan kibor.

Bit.Dari binary digit. 1) Satuan terkecil ukuran data komputer,yang terkode secara biner mengikuti "on" dan "off".2) Unsur data yang mewakili setiap titik dalam gambar digital.Misalnya 1 bit untuk monokrom,8 bit untuk 256 warna dan grayscale,dan 24 bit serta 32 bit untuk jutaan warna ( true color ). 3) Satuan ukuran terkecil untuk kecepatan transfer data.Misalnya,1 Kbps setara seribu bit per detik.

Bitmap.Gambar digital yang tersusun atas titik - titik warna,yang akan terlihat saat gambar diperbesar.Tipe file bitmap antara lain BMP,GIF,JPEG,PCX,PICT,dan TIFF.

Blankspot.Wilayah yang belum terjangkau oleh gelombang atau sinyal radio.

Blog.Kependekan dari weblog.Jurnal atau catatan harian pribadi yang dimuat di halaman web.

Blogger.Penulis blog.

Blue Screen.Saat layar monitor berubah warna menjadi biru dengan sebuah pesan kesalahan ( error ) yang terjadi pada komputer.

Bluetooth.Salah satu standar koneksi nirkabel jarak dekat yang bisa menghubungkan peranti elektronik seperti ponsel,PDA dan PC.

BMP.Nama ekstensi dari file gambar yang berformat bitmap.

Board raster.Bagian di dalam monitor yang berfungsi untuk merender gambar.

Board Video Adapter.Kartu video yang terdapat di dalam monitor,berfungsi menampilkan gambar yang berasal dari sinyal kiriman VGA card.

Boks Dialog.Dialogue Box.Kotak kecil pada layar monitor yang muncul setelah anda mengeklik tombol tertentu.Fungsinya sebagai peminta informasi atau penuntun dalam mengerjakan sesuatu dengan komputer.

Boot.Serangkaian perintah agar sistem komputer dapat hidup.

Bootable disk.Disket atau CD yang dapat melakukan start - up.

Booting.Tindakan menghidupkan komputer.

Bouncing.Tertolaknya e-mail yang anda kirim karena mailbox penerima sudah penuh atau sistem e-mail penerima menolak alamat e-mail anda.

Broadband.Koneksi internet yang sangat cepat,melebihi kecepatan koneksi dial-up.

Browse.Biasa juga disebut browsing.Mencari informasi dan data,baik di komputer anda sendiri maupun di internet.

Brush/kuas.Salah satu alat ( tool ) dalam program pengolahan gambar digital.

Buffer.Penyimpan data sementara yang akan ditransfer ke media lain.

Buffer underrun.Masalah dalam pemindahan data dari PC ke CD,karena PC tidak lancar memasok data ke CD writer.

Bug.Kesalahan pada produk yang menyebabkan softwaret tidak berjalan semestinya.

Bullet.Penanda urutan kelompok teks dalam sebuah dokumen sebagai pengganti nomor.

Burn.Sering disebut burning.Proses membakar atau menulis atau merekam data ke dalam CD atau DVD.

Bus.Saluran listrik untuk mengangkut data antarkomponen dalam komputer.

Byte.Satuan ukuran data komputer yang terdiri atas 8 bit.

Cache.Lokasi di dalam memori atau hard disk yang menjadi tempat penyimpanan data sementara.

Caller ID.Fitur pada pesawat telepon dan pesawat ponsel yang memungkinkan penggunanya mengetahui nomor penelepon.

Card.Lempengan komponen elektronik pada komputer yang berfungsi sebagai penghubung,pemroses dan pengontrol alat lain yang terhubung ke komputer.

Carder.Pelaku pembobolan kartu kredit melalui internet.

Carding.Pembobolan kartu kredit lewat internet.

CC.Carbon copy.Surat tembusan dalam ber e-mail.

CCD.Charger-Coupled Device.Peranti elektronik peka cahaya untuk merekam obyek menjadi gambar digital.

CCTV.Closed Circuit Television.Jaringan siaran televisi terbatas,bisa di rumah,gedung maupun bilik ATM ( anjungan tunai mandiri ).Biasanya digunakan untuk keperluan keamanan.

CDDB.Compact Dics DataBase.Database CD audio di internet yang menyimpan informasi lengkap mengenai album,nama musisi,aliran,dll.

CDMA.Code Division Multiple Access.Salah satu teknologi komunikasi selular digital,yang merupakan perkembangan dari AMPS.Berbeda dari GSM,teknologi ini menggunakan teknik spread - spectrum.

CDMA2000.Fase 3G dari teknologi selular CDMA.Dikenal juga sebagai IMT-CDMA Multi-carrier atau IS-136.

CD-R.Compact Dics Redorable.Jenis CD kosong yang hanya bisa merekam sekali saja.

CD-ROM.Compact Dics Read Only Memory.CD yang sudah terisi dan tidak dapat diisi ulang.CD-ROM drive.Perangkat pembaca data dari CD-ROM.Bisa berupa drive eksternal atau internal.

CD-RW.Compact Dics Rewritable.Jenis CD kosong yang dapat merekam berulang kali,seperti kaset dan disket.

CD-RW.Perangkat untuk menulis (serta membaca) CD-R,CD-ROM,dan CD-RW.

Cell/Sel.Ruang kosong pada spreadsheet untuk memasukan data dan formula atau rumus.

Channel.1) Saluran siaran televisi ; 2) Ruang chatting di internet ; 3) Pembagian warna di monitor.

Chat.Conversational Hypertext Acces Technology.Sebuah sistem yang memungkinkan pengguna internet melakukan komunikasi berbasis teks secara real-time.Biasa juga disebut chatting.

Chatroom.Ruang atau tempat maya untuk chatting.

Cheat code.Kode curang untuk memenangi game.

Client computer.Boleh juga disebut komputer klien.Komputer yang terhubung ke server.

Client application.Aplikasi yang berjalan pada komputer klien.

Clipart.Koleksi gambar siap pakai untuk dipasang di dokumen.

Clock speed.Kecepatan mikroprosesor yang diukur dengan satuan Mhz,Ghz.

Clone.1) Imaging : penggandaan dari salah satu atau beberapa bagian gambar digital ; 2) Istilah lama untuk PC yang meniru arsitektur PC IBM.Disebut juga IBM PC compatible.

CMOS.Complementary Metal Oxide Semiconductor.Chip khusus yang menyimpan informasi seperti tanggal,jam,dan penyetelan lain dalam komputer.Bertenaga baterai.

CMYK.Cyan,magenta,yellow,black.Warna dasar yang bila dicampurkan akan menghasilkan warna baru.Karenanya,CMYK bisa juga disebut warna proses.Warna ini digunakan untuk proses pencetakan yang menggunakan mesin cetak dengan pelat (offset).

Coaxial.Salah satu jenis kabel untuk menghubungkan dua perangkat elektronik,mirip kabel antena TV.
Codec.1) Dari compressorl decompressor.Teknologi kompresi atau dekompresi data komputer berupa file audio dan video ; 2) Dari coder or decoder.Chip dalam sistem telekomunikasi untuk mengubah sinyal analog ke digital dan sebaliknya ( pada modem ).

Colour depth.Kedalaman warna suatu gambar yang dapat ditampilkan di layar monitor.

Combo drive.Jenis drive optikal yang menggabungkan fungsi DVD - ROM drive dan CD-RW drive.

CompactFlash.Salah satu jenis media penyimpanan eksternal berupa kartu seukuran 43 X 36 mm,untuk disisipkan ke dalam peranti digital macam kamera,PDA dan ponsel.
Compress.Kompres.Cara yang dilakukan oleh komputer untuk memadatkan file agar ukurannya mengecil.

Compression.Kompresi.Pengompresan.

Contact Sheet.Atau disebut juga contact print.Cetak kontak.Istilah dalam fotografi,berupa pencetakan film negatif secara langsung dengan menempelkan film ke dalam satu lembar kertas foto kemudian disinari ( afdruk ) dan hasil cetakannya dipakai untuk memudahkan dokumentasi dan pemilihan gambar.Istilah ini kemudian diambil oleh digital imaging.

Control panel.Sekumpulan ikon yang memungkinkan anda untuk mengatur fungsi dasar Windows dan PC.
Cookie.File yang dikirimkan oleh pengelola web ke PC anda untuk mencatat aktivitas online anda.

Copy dan Paste.Menggandakan file atau bagian dari sebuah dokumen lalu memindahkannya ke folder atau tempat lain.

Counter.Program kecil penghitung kunjungan ke sebuah halaman web.

Cpm ( copies per minute ).Kemampuan menyalin dan mencetak gambar per menit.

CPU.Central processing unit.Bagian utama dari sebuah paket komputer,di luar monitor dan kibor.
Crack.1) Tindakan membongkar proteksi sebuah software atau sistem secara ilegal ; 2) Program untuk membongkar proteksi.

Cracker.Pelaku Crack.

Crash.Benturan program yang bisa menyebabkan komputer macet.

Crop.Pemangkasan bidang tertentu dari gambar digital.

CRT.Cathode Ray Tube.Tabung sinar katoda disebut juga tabung gambar,karena bertugas menghasilkan gambar pada layar.

Cyber crime.Kejahatan yang menggunakan jaringan komputer.

Cyborg.Cyber organism.Manusia yang beberapa bagian tubuhnya terbuat dari mesin.

Database.Kumpulan data atau informasi yang tersusun menurut kategori tertentu untuk memudahkan pencarian.

DDR.Double Date Rate.Jenis memori SDRAM yang lebih cepat dari SDRAM biasa.

Dead pixel.Pixel pada monitor LCD yang tidak bisa menampilkan warna-warna yang semestinya.

Decoder.Perangkat atau aplikasi untuk mengembalikan data yang teracak ke format aslinya.

Decoding.Mengembalikan data yang teracak ke format aslinya.

Deface.Dari website defacement.Tindakan hacking yang merusak isi situs orang lain.

Default.Setelan asli dari suatu aplikasi atau alat sebelum anda mengubahnya.

Defrag.Dari defragment.Merapikan kembali data yang tersimpan dalam hard disk,sehingga dapat diakses lebih cepat.

Degauss.Menetralkan pengaruh magnetik di sekitar monitor CRT.

Delay.Keterlambatan pengiriman sinyal atau data antar peranti

Demo.Versi gratis dari sebuah aplikasi,biasanya dengan fasilitas terbatas.

Desknote.Dari desknote computer.Jenis komputer yang kemasannya seperti laptop/notebook,namun memiliki spesifikasi komputer desktop
Desktop.1)Lengkapnya desktop model computer.Jenis komputer yang umum digunakan,terdiri atas CPU,kibor dan monitor.
2)Tampilan muka dari sistem operasi yang menampilkan sejumlah ikon aplikasi,file atau folder

Desktop themes.Sekumpulan tampilan dekstop yang terdiri dari gambar latar,ikom beragam file,folder, suara screensaver,pointer,warna jendela dengan tema senada

DHTML.Dynamic HTML.Pengembangan dari format HTML yang memungkinkan sebuah halaman web merespon input dari netter tanpa perlu mengirim perintah ke server web

Dial up.Jenis koneksi antarkomputer dengan perantara kabel telepon dan modem

DIMM.Dual inline memory module.Lengkapnya DIMM card.Kartu memori berisi dua SIMM dengan jumlah konektor 168 pin

Disk.Cakram magnetis penyimpan data komputer

Disk drive.Perangkat keras komputer untuk membaca dan menulisi disk

Diskette.Lengkapnya floppy diskette.Jenis disk tipis terbungkus kotak plastik berdiameter 5,25 inci dan 3,5 inci

Distro.Sebutan untuk berbagai distribusi Linux.Distro yang terkenal antara lain Debian,Red Hat,Mandrake dan Suse

DNS.Domain Name System.Sistem penamaan domain

Domain.Lengkapnya domain name.Nama untuk pengalamatan internet.Untuk e-mail berarti setelah tanda @

DOS.Disk Operating System.Sistem operasi berbasis teks yang dikembangkan oleh Microsoft

Dot pitch.Ada yang menyebutnya pixel pitch,yakni jarak antar-pixel pada sebuah monitor.Makin kecil angkanya,makin tajam tampilannya.Standar dot pitch monitor CRT antara 0,5-0,28 mm

Double-density.Istilah untuk disket dengan kapasitas dua kali lipat disket biasa

Download.Pengambilan file oleh suatu komputer/perangkat dari komputer/ perangkat lainnya

Downstream.Transmisi data dari server ke pengguna komputer melalui jaringan seperti LAN/internet

DPI.Dots per inch.Jumlah titik per inci.Satuan ukuran untuk resolusi gambar hasil scan dan cetakan.Makin tinggi dpi,makin banyak jumlah titiknya,sehingga kualitas gambar semakin bagus

Drag.Menggeser mouse sambil mengeklik tombolnya

Drag-and-drop.Geser dan cemplung.Memindahkan file,folder,bagian gambar/bagian dari dokumen dengan cara menggeser dan menempatkannya ke lokasi lain

DRAM.Dynamic random access memory.Tipe kartu memori yang umum digunakan oleh komputer

Drive.Peranti pembaca atau penulis data yang hanya bisa dimasuki oleh media penyimpanan yang
sesuai,misalnya disket dan CD atau DVD

Driver.Software yang mengatur hubungan kerja sistem operasi komputer dengan peranti keras

Drop-down menu.Disebut juga pull down atau pop-down.Urutan submenu yang muncul saat menu diklik

Dual OS.Dual operating system.Dua sistem operasi dalam satu PC

DV.Digital video.Pita video berformat digital.Mini-DV dapat merekam selama 60 menit dan DV standar 270 menit

DVD.Digital Versatile Disk.Cakram seukuran CD dengan kapasitas mulai 4,7 GB.Seperti halnya CD,DVD juga mengenal DVD-ROM,DVD-R,dan DVD-RW dan dalam versi yang berbeda ada pula DVD+R dan DVD+RW,tergantung produsen pendukungnya

DVD-RAM.Sejenis DVD-RW yang terkemas dalam kartrid,seperti disket dan optical disc

DVI.Digital Video Interactive.Seperangkat hardware dan software untuk memampatkan dan memekaran gambar video

EDO DRAM.Extended data out random access memory.Jenis (kartu memori) DRAM yang bekerja lebih cepat dari DRAM biasa

Extensi.Extension.Akhiran setelah tanda titik dalam nama file.Merupakan penanda bagi Windows,bahwa file tertentu hanya bisa dibuka dengan aplikasi tertentu.Misal .doc (untuk documen Microsoft Word), .xls (Excel) dan .txt (Notepad)

Ekstrak.Extract.Menguraikan kembali file terkompres ke format dan ukuran aslinya

Ekstarnet.Sejenis intranet yang dapat diakses oleh pihak di luar organisasi.Pihak lain tersebut diberi izin mengakses dengan menggunakan user name,password dan identitas tertentu

E-mail.Electronic mail.Sistem pengiriman surat atau pesan antarkomputer lewat internet

E-mail address.Alamat e-mail.Contoh : meyzie@gmail.com

E-mail aliasing.Cara otomatis untuk memforward pesan yang datang ke beberapa alamat e-mail ke satu alamat saja.Semua alamat harus berada dalam satu domain

E-mail client.Aplikasi yang berjalan di PC untuk mengirim,menerima dan mengelola e-mail

Emotikon.Emoticon.Dari emotion icon.Ikon bentuk wajah yang menunjukkan emosi dan ekspresi.Terbentuk dari karakter kibor dan biasa digunakan dalam e-mail,chatting dan SMS

EMS.Enhanced Message Service.Pengembangan dari teknologi SMS yang memungkinkan penyisipan gambar,suara dan animasi dalam pengiriman pesan antar posel

Encoding.Mengubah format data atau file agar dapat dijalankan di peranti atau aplikasi tertentu
Enkripsi.Encryption.Proses pengodean,biasanya untuk melindungi data agar tidak mudah terbaca oleh sembarang orang

ESN.Electronic Serial Number.Nomor seri identitas ponsel CDMA

E-surveillance.Electronic surveillance.Proses pengawasan secara elektronis atau digital

Ethernet.Teknologi standar jaringan komputer lokal yang dikembangkan oleh Xerox bekerja sama dengan DEC dan Intel pada tahun 1976.Kecepatan transfer datanya 10 Mbps

Ethernet card.Kartu ethernet.Salah satu NIC untuk menghubungkan komputer ke LAN

Evaluation.Jenis aplikasi gratis yang berfungsi penuh untuk jangka waktu terbatas.Setelah lewat masanya,aplikasi tersebut tidak berfungsi penuh atau sama sekali tidak bisa dijalankan

Exe.Executable file.File pembuka suatu aplikasi dengan ekstensi .exe. Anda tinggal mengekliknya untuk menjalankan program tersebut

Expansion slot.Slot di PC,laptop,PDA/ponsel untuk menambahkan periferal misalnya kartu memori,kartu grafik,kartu suara dan sebagainya

Export.Cara untuk mentransfer bagian dokumen / file ke dokumen atau file lain

FAT32.File allocation table 32 bit.Sistem yang digunakan Windows 9x untuk mengatur files yang disimpan dalam hard disk

Favorites.Menu atau folder pada internet browser ( pada Nestcape navigator disebut bookmarks ) yang berisi alamat-alamat situs yang anda simpan

Field.Kolom atau kriteria pada database yang memuat informasi tertentu.Misalnya,field nama_artis hanya memuat nama artis,nama_lagu hanya memuat nama lagu dari artis yang bersangkutan

File.Berkas berisi data digital

File manager.Aplikasi pengelola file dan folder di komputer anda

Filter.1)Program yang menyaring atau menyortir atau mengurutkan data menurut kategori tertentu.
2)Dalam aplikasi pengolahan gambar digital,merupakan efek untuk memodifikasi gambar

Firewall.Aplikasi pengaman komputer dari aktivitas hacking

FireWire.Disebut juga IEEE 1394.Standar koneksi kabel antarperanti yang dikembangkan oleh Apple computer.Kecepatan transfes data bisa mencapai 800 Mbps

Firmware.Program yang tersimpan secara permanen pada ROM

Fixed phone.Telepon yang terhubung ke operator telepon dengan menggunakan kabel,seperti yang sejak dulu anda dapatkan dari telkom

Fixed wireless phone.Fixed phone yang menggunakan teknologi nirkabel

Flash.Teknologi animasi grafik vektor produksi Macromedia Inc

Flicker.Lengkapnya screen flicker.Tampilan yang goyang pada layar monitor,yang disebabkan antara lain oleh rendahnya refresh rate

Floppy disk drive.Perangkat keras komputer untuk membaca dan menulisi floppy disk

Folder.Lokasi penampung sekumpulan files dalam media penyimpanan

Font.Desain kelompok huruf yang meliputi bentuk,ukuran dan gaya ( misalnya tegak,tebal,miring )

Foot print.Area lantai atau meja yang ditempati oleh peranti keras misalnya printer dan scanner

Force quit.Cara keluar dari suatu aplikasi dengan cepat,misalnya pada Windows dengan menekan Alt+F4

Format.Penyiapan ruang dan susunan data pada media penyimpanan (misalnya disket dan hard disk) agar
dapat ditulisi.Pemformatan media yang sudah berisi data akan menghapus seluruh data

Formula.Pada aplikasi spreadsheet ( misalnya Microsoft Excel ) berarti rumus untuk melakukan operasi penghitungan

Fps.Frames per second.Satuan kecepatan pengambilan gambar hidup,berdasarkan jumlah bingkai per detik.Kecepatan wajar yang dapat ditoleransi mata manusia adalah sekitar 30 fps

Frame.Gambar tunggal di dalam video atau urutan animasi

Frame rate.Tingkat kecepatan gerak gambar yang diukur dalam satuan fps

Frame size.Ukuran tayang video meliputi tinggi dan lebar

Free web-based e-mail.Layanan e-mail gratis berbasis web,misalnya Hotmail,Yahoo!Mail,dan plasa.com

Freeware.Aplikasi yang dapat diperoleh dan digunakan secara gratis

FSB.Frontside bus.Istilah lain untuk system bus,memory bus,local bus,dan host bus.Bus yang
menghubungkan CPU dengan memori utama ( RAM ) pada motherboard.

FTP. File transfer protocol.Salah satu standar pertukaran file melalui internet

Game console.Peranti pemutar video games non-PC.Misalnya Playstation,Xbox dan Dreamcast

Game controller.Peranti pengandi game.Misalnya joystick dan gamepad

Game pad.Salah satu jenis game controller,biasanya dipakai untuk konsol

Game port.Colokan yang menghubungkan game controller dan PC

Gamma correction.Sebuah cara untuk mengoreksi tingkat kecerahan sebuah gambar pada layar monitor agar ada kecocokan antara yang dilihat oleh PC dan dilihat oleh mata manusia

Gatekeeper.Pengontrol lalu lintas informasi antarkomputer dalam sebuah jaringan multimedia

Gateway.1)Server yang mengatur lalu lintas informasi keluar masuk jaringan komputer
2)Bagi pengguna internet rumahan,bisa berarti internet service provider
3)Istilah lama untuk router

GB.Gigabyte.1)Satuan ukuran data digital.1 GB setara dengan 1.024 MB
2)Sebutan untuk kapasitas media penyimpanan,misalnya hard disk 40 GB ( mampu menampung data hingga 40 GB )

GHz.Gigahertz.1)Satuan ukuran kecepatan prosesor.1 GHz sama dengan 1 miliar putaran per detik.
2)Sebutan untuk frekuensi telekomunikasi data nirkabel.Misalnya,WLAN menggunakan frekuensi 2,4 GHz

GIF.Graphics Interchange format.Format gambar digital yang umum digunakan dalam internet,karena ukuran file-nya kecil ( 256 warna )

Glass Plate.Lempengan kaca pada scanner tempat menaruh dokumen atau benda yang akan dipindai.

GPRS.General Packet Radio Service.Standar komunikasi nirkabel,pengembangan dari GSM dengan kecepatan transfer data sampai 115 Kbps

GPS.Global positioning system.Sistem navigasi yang menggunakan jaringan satelit.

GPS receiver.Peranti penerima sinyal dari satelit - satelit GPS

Graphics card.Disebut juga VGA card atau video adapter.Card yang terpasang pada PC untuk keperluan penayangan gambar ke monitor

GSM.Global system for mobile communications.Salah satu sistem telekomunikasi selular yang popular di Indonesia

GUI.Graphical user interface.Tampilan suatu aplikasi ( biasanya terdiri atas pointer,desktop,ikon,window dan menu ) yang memudahkan pengguna untuk mengoperasikannya cukup dengan mengklik mouse/tombol atau memijit layar

Hack.1) Menulis atau memodifikasi program. ; 2) Menyusup secara ilegal ke suatu jaringan komputer,tapi biasanya untuk tujuan positif.Misalnya untuk memberitahukan kelemahan sistem keamanan jaringan

Hacker.Sebutan untuk orang yang antusias pada komputer,menguasai bahasa pemrograman dan sistem komputer sehingga patut disebut ahli

Handheld computer.Komputer genggam.Biasa juga disebut Personal Digital Assistant ( PDA ) atau palmptop.Jenis komputer yang pas di genggaman orang dewasa

Hang.Komputer dalam keadaan menyala tetapi tak dapat menerima perintah dari kibor maupun mouse

Hard disk.Cakram padat.Media penyimpanan data berkapasitas besar.Pada PC,hard disk sekaligus merupakan penampung sistem operasi dan aplikasi

Hardware.Perangkat keras pada sistem komputer,termasuk CPU,monitor,kibor,mouse,printer dan berbagai periferal lainnya

Hardware interface.Kabel,colokan dan soket yang digunakan hardware untuk berkomunikasi satu sama lain

HDTV.High-Definition Television.Jenis pesawat TV digital yang menyuguhkan gambar lebih bagus dari TV umumnya

Hidden file.File yang tersembunyi di dalam media penyimpanan,sehingga namanya tak muncul dalam daftar file

Hi-Fi.Dari high fidelity.Tata suara yang menghasilkan tiruan suara bagus,mendekati suara aslinya

Hit(s).Lengkapnya page hit.Tingkat permintaan file dari sebuah halaman web ke servernya.Misalnya sebuah halaman web berisi 4 gambar,maka sekali muncul dalam browser pengguna,hit-nya terhitung lima kali : satu kali untuk file web itu sendiri ( misalnya index.html ) dan 4 file gambar ( misalnya 1.jpg,2.jpg,3.jpg,4.jpg )

Hit counter.Penghitung hit

Homepage.Halaman utama sebuah situs web yang berisi menu dan link ke halaman - halaman lain

Host computer.Komputer yang terhubung ke komputer lain,sehingga menyerupai server dan bertugas melayani komputer lain yang terhubung dengan dirinya

Hosting.Penempatan file pada sebuah komputer yang dapat diakses oleh komputer lain

Hotspot.Yang memungkinkan pengguna komputer untuk mengakses internet secara nirkabel
HTML.Hypertext mark up language.Cara untuk menulis isi halaman web sehingga hasilnya bisa dibaca dan ditampilkan oleh web browrser

Hub.Peranti penghubung dalam sebuah jaringan komputer

Hue.Posisi sebuah warna dalam spektrum.Misalnya hijau itu di antara kuning dan biru.Biasanya penyetelan warna pada monitor dan gambar digital ini bersanding dengan saturation

Hyperlink.Teks atau gambar yang apabila diklik akan mengantarkan ke halaman atau dokumen lain

.ico.Ekstensi yang digunakan untuk file ikon dalam Windows

Icon.Ikon.Gambar kecil yang digunakan Windows mewakili file atau aplikasi

ICQ.Dari kalimat "I seek you".Aplikasi untuk chatting dengan pertukaran file dan pengiriman SMS

ID3 tag.Informasi tambahan pada file MP3 yang berisi nama artis,nama album,nama lagu dan sebagainya

IDE.Integrated Device Electronics.Standar interface untuk koneksi peranti komputer,seperti hard disk dan CD-ROM drive,ke PC

IDS.Intruder Detection System.Sebuah software untuk mendeteksi penyusupan ke sebuah komputer

IEEE-1394.Institute of Electrical and Electronics Engineers-1394

IMEI.International Mobile Equipment Identity.Nomor identitas ponsel GSM yang terdiri 15 angka.Biasanya
terdapat di bagian dalam ponsel,di balik baterai.Untuk mencocokkan pijitlah tombol ponsel *#06#

Import.Impor.Memasukkan file buatan aplikasi lain ke dalam sebuah dokumen yang sedang dikerjakan oleh suatu aplikasi

Infrared.Lengkapnya koneksi infrared.Koneksi antarperanti dengan infrared ( inframerah ) sebagai media penghantarnya

Input device.Perangkat untuk memasukkan data dan perintah ke dalam komputer,misalnya kibor dan mouse

Install.Instal.Memasang aplikasi atau menambah hardware ke PC

Installation wizard.Panduan langkah demi langkah untuk menginstal aplikasi atau hardware

Instant messaging.Layanan komunikasi real time melalui internet.Sistem secara otomatis akan memberitahu
anda begitu ada teman yang online

Interface.Peranti atau aplikasi yang menjadikan dua sistem atau aplikasi saling berkomunikasi

Internet.Jaringan komputer global yang memungkinkan komunikasi dan transfer data antar komputer yang terhubung ke dalamnya

Internet hard drive.Layanan media penyimpanan online

Interpolasi.Peningkatan resolusi gambar digital oleh scanner atau kamera digital melalui penambahan pixel secara otomatis,sehingga resolusinya lebih tinggi dari resolusi aslinya

Interpolated resolution.Resolusi yang didapatkan melalui proses interpolasi

Intranet.Jaringan komputer berbasis internet milik sebuah organisasi atau perusahaan yang hanya bisa diakses oleh para anggota atau karyawannya.

IP.internet Protocol.Standar pengaturan koneksi antarkomputer dalam jaringan internet

IP address.Alamat IP,berupa deretan angka terkelompok yang menjadi identitas sebuah komputer dalam jaringan internet

IRC.internet relay chat.Jaringan dalam internet yang memungkinkan percakapan via teks secara seketika

IrDA.infrared data association.Asosiasi industri internasional untuk standar infrared

IrDA port.port koneksi infrared

IRQ.interrupt request.Jalur komunikasi hardware dengan prosesor komputer,yang diatur dengan sebuah nilai penunjuk lokasi.Keberadaannya akan terbaca oleh komputer dengan menginterupsi sistem

ISA.industry standard architecture.Standar lama komputer untuk mentransfer data dari card ke motherboard

ISDN.integrated services digital network.Standar komunikasi internasional untuk mengirimkan suara,video dan data via jalur telepon digital atau jalur telepon biasa.ISDN mendukung transfer data hingga 64 Kbps ( 64.000 bits per second )

ISP.internet service provider ( penyedia jasa internet ).Lembaga/perusahaan yang menghubungkan komputer anda dengan internet misalnya Speedy

JAR.java archive.Format file yang digunakan untuk membundel semua komponen yang dibutuhkan oleh aplikasi java applet

Java.bahasa pemrograman bikinan Sun Microsystems

JavaScript.bahasa pemrograman yang dikembangkan Nestcape.Dengannya pembuat web dapat mendesain situs yang interaktif

Jaz drive.salah satu jenis media penyimpanan eksternal berbentuk disket,buatan lomega,berkapasitas 1 GB dan 2 GB

JPEG.Joint photographic expert group.
1) nama sekelompok pakar gambar digital yang merumuskan format file gambar terkompresi berekstensi .JPEG dan .JPG agar ukuran file-nya mengecil.
2) teknik kompresi warna gambar digital yang mampu mengurangi ukuran file hingga 5 % dari ukuran normalnya

Jumper.saklar tancap (on/off) pengatur konfigurasi pada motherboard,hard disk atau kartu periferal

Junk e-mail.disebut juga spam.E-mail masuk yang tak anda kehendaki (biasanya berisi pesan komersial)

Kabel power.kabel yang menyalurkan arus listrik utama (dari PLN) PC anda

Kabel serial.kabel yang terhubung ke colokan serial/COM dan dapat dihubungkan ke peralatan lain yang memiliki port serial/COM

Kabel USB.kabel yang terhubung ke colokan USB dan dapat dihubungkan ke peranti lain yang mempunyai port USB

Karakter.huruf,angka,tanda baca dan spasi dalam dokumen olahan komputer

Kartrid.wadah penampung tinta printer

Kartu memori.jenis media simpan yang berbentuk kartu.Formatnya beragam seperti Secure Digital (SD),CompactFlash (CF) dan Multimedia Card (MMC)

KB.kilobyte.Satuan ukuran data digital.Satu Kb = 1.024 byte

Kbps.kilobit per second.Kilobit per detik.Satuan ukuran kecepatan transfer data.Semakin besar nilainya semakin cepat transfernya.1 Kbps = 1.000 bit per detik

KeyGen.Key generator.Aplikasi kecil ilegal yang berfungsi memalsu nomor registrasi sebuah software

Keylogger.Program tersembunyi yang merekam seluruh aktivitas ketikan kibor,termasuk aplikasi yang terbuka,user name,password dan data lainnya untuk kemudian dikirimkan kepada pemasang program

Keyword.Kata penting di halaman web yang dapat digunakan oleh search engine untuk mengidentifikasi dokumen

KHz.Kilohertz.Untuk audio digital,ini mengacu pada berapa kali setiap detiknya suara di-sampling untuk menghasilkan perekemanan digital.48 KHz berarti 48.000 kali sedetiknya

Laptop.Komputer lipat portabel yang dapat dioperasikan di atas pangkuan penggunanya,sebagai alternatif dari komputer meja.Akhirnya karena kian ringan dan tipis,laptop disebut sebagai notebook

LCD.Liquid crystal display.Penampil gambar yang bekerja berdasarkan arus listrik yang mengaliri kristal cair,seperti yang dipakai oleh layar arloji digital,kalkulator,ponsel,monitor komputer dan monitor video

LCD projector.Proyektor khusus untuk menyorotkan gambar dari komputer dan DVD/VCD player.Karena merek yang lebih awal terkenal di Indonesia adalah inFocus,maka sebagian orang masih menyebut semua proyektor LCD sebagai infocus

Leased line.sambungan internet via telepon yang berlangsung nonstop,dengan kecepatan transfer yang lebih besar ketimbang dial up

LED.light-emitting diode.Lampu kecil pada komputer dan peranti digital lain yang bila menyala berarti menunjukkan status on

Link.penghubung antar-file dalam sebuah dokumen yang penampakannya di layar terwakili oleh teks bertanda khusus maupun ikon

Linux.sistem operasi yang dipelopori Linus Torvalds.Sekarang menjadi sistem operasi alternatif untuk Microsoft Windows.Berbeda dengan Windows,Linux adalah sistem operasi yang dibangun secara terbuka dan bisa didistribusikan secara bebas

Loading.proses menampilkan suatu file berikut aplikasi pembacanya di dalam sistem komputer atau halaman web

Log in.disebut juga login,log on dan logon.Proses untuk masuk ke dalam sistem sebuah komputer,jaringan atau layanan online,yang meminta pengisian nama dan password penggunanya agar komputer dapat mengenali dan mengakui keabsahannya dalam mengakses

Log out.disebut juga log off.Kebalikan dari log in.Tindakan untuk keluar dari sistem komputer,jaringan atau layanan online

Mailbox.kotak surat.Folder penyimpanan e-mail yang anda terima.

Macro.Program mini yang berfungsi untuk merekam fungsi-fungsi tertentu dalam berkomputer sehingga menjadi perintah otomatis.Umumnya dipakai dalam aplikasi pengolah kata

Mail merge.Fitur dalam aplikasi pengolah kata yang memungkinkan anda untuk menciptakan dokumen ganda berdasarkan pada data dari sumber lain,yang biasanya adalah program database.Misalnya untuk mengirimkan satu surat atau e-mail ke banyak orang sekaligus

Mail notifier.Fitur dalam mailer yang selalu memberitahu anda bila ada e-mail datang

Mailing list.Disingkat mailist,diIndonesiakan menjadi milis.Sebuah forum diskusi di internet dengan menggunakan e-mail.Satu pesan dari seorang anggota akan diterima oleh semua anggota,termasuk si pengirim sendiri

Mail server.Komputer dalam sebuah jaringan yang bertugas menangani penerimaan dan pengiriman e-mail para penggunanya

MB.Megabyte.Satuan ukuran data digital.Satu MB setara dengan 1.024 KB atau 1 juta byte - tepatnya 1.048.576 byte

Mbps.Megabits per second.Megabit per detik.Satuan kecepatan transfer data.1 Mbps setara dengan 1.000.000 bit per detik

Megapixel.Satuan ukuran untuk menentukan detil gambar yang bisa ditangkap kamera digital.Satu megapixel berarti gambar disusun atas satu juta dot (pixel)

Memory.Tempat penyimpanan data secara temporer pada komputer.
penyebutan singkat untuk RAM,yaitu sarana pengingat sementara pada sebuah PC terhadap semua data dan perintah selagi PC bekerja

Memori flash.Dari flash memory.Memori yang tak terhapus meski tak ada tenaga listrik.Anda bisa menyimpan dan menghapus data di dalamnya

MemoryStick.Tipe kartu memori rancangan Sony,untuk dipasang pada peranti digital ( misalnya PDA,ponsel pintar dan kamera digital )

Menu pop-up.Dari pop-up menu.Menu yang akan muncul di layar setelah tombol tertentu ditekan.Seringkali kemunculannya menumpuki jendela yang sebelumnya sudah muncul

Metode key-in.Dari key-in method.Memasukkan data/nilai tertentu ke ponsel melalui keypad

MHz.Megahertz.Satuan ukuran kecepatan prosensor.1 MHz sama dengan 1 juta putaran per detik.Makin tinggi clock speed,makin cepat kerja prosesornya,dan makin bagus PC anda

MIDI.Musical instrument digital interface.Standar pertukaran data antara alat musik elektronik dan komputer

Midtones.Warna tengah,antara bagian yang paling terang dengan yang paling gelap,dari sebuah gambar

MiniDisc.Media penyimpanan data digital,bentuknya menyerupai disket floppy kecil,tapi dapat merekam suara digital sampai 74 menit dengan menggunakan kompresi

Mirror.Lokasi file di internet yang menjadi kembaran lokasi lainnya,dengan kandungan file yang sama,baik pada server yang sama maupun berbeda

MMC.Multi media card.Kartu memori yang khusus untuk menyimpan dan menjalankan file multimedia seperti gambar,video dan suara

MMS.Multimedia messaging service.Layanan pengiriman data multimedia ( teks,gambar,suara,video ) melalui jalur komunikasi selular

Modem.Modulator-demodulator.Peranti penghubung dua komputer melalui saluran telepon.Modem biasanya dibutuhkan untuk melakukan koneksi dial-up ke internet

Modem dial-up.Periferal untuk mendukung koneksi PC ke internet dengan menggunakan sebuah modem dan sambungan telepon

Moore's Law.Dalil Moore.Diambil dari nama Gordon Moore,salah satu pendiri Intel Corporation,yang pada tahun 1965 menyatakan bahwa jumlah transistor dalam prosesor akan berlipat setiap 12 bulan.Belakangan dalil ini direvisi,sehingga jangka waktunya menjadi setiap 18 bulan

Morse.Kode penyampaian teks dengan mengandalkan ketukan panjang dan pendek melalui gelombang radio.Proses konversinya sekarang dapat dilakukan dengan bantuan program komputer

Motherboard.Biasa disingkat mobo.Papan sirkuit utama di dalam komputer,tempat semua komponen pendukung komputer terpasang dan terhubung

Mount.Model akuisisi folder yang memperlakukan folder dari komputer lain layaknya folder dalam sistem sendiri.Berbeda dengan mapping,mount juga dapat dilakukan pada perangkat keras seperti CD-ROM atau floppy disk drive

Mouse.Peranti kontrol komputer yang digenggam dan digerakkan di atas permukaan datar.Gerakannya akan menggerakan kursor dalam layar komputer

Mouse pointer.Penunjuk posisi kursor pada layar monitor,biasanya berupa tanda panah yang bergerak mengikuti arah geseran mouse

MP3.MPEG audio layer 3.Standar pengompresan file musik digitak agar ukurannya mengecil menjadi seperduabelas ukuran aslinya

MPEG.Motion picture experts group.Nama sebuah perkumpulan pakar video digital yang merumuskan standar pengompresan file video.Kompresi MPEG-1 memberi video berkualitas VHS,sedangkan kompresi MPEG-2 memberi video berkualitas tinggi dengan hasil suara sekualitas CD.Kompresi MPEG-2 digunakan untuk film-film dalam DVD

MS-DOS.Microsoft Disk Operating System

Multimedia.Sebuah sajian elektronik yang berisikan teks,gambar,animasi,video,dan suara

Nanotechnology.Teknologi yang memanipulasi material berukuran kecil ( atom atau molekul ) untuk membangun alat-alat mini,misalnya chip

NetMeeting.Aplikasi yang memfasilitasi percakapan tatap muka melalui internet

Network.Sejumlah komputer,minimal dua buah PC yang dihubungkan dan dapat bekerja sama

NIC.Network interface card.Kartu yang dipasang ke dalam PC untuk menghubungkannya dengan jaringan.

Newsgroup.Area diskusi di internet,dimana anda bisa melakukan posting pesan dan menerima balasan dari anggota lain.Anda memerlukan aplikasi newsreader untuk mengikutinya

Newsletter.Lembar warta,semacam buletin.Di internet berarti lembar warta yang disebarkan via e-mail,dengan tata letak menyerupai halaman web,lengkap dengan link yang bisa diklik

Node.1)dalam jaringan,node adalah titik koneksi (penerus maupun tujuan akhir) dari transmisi data.Bisa berupa komputer atau alat lain yang telah mampu memproses transmisi ke node lain.
2)dalam pohon struktur,node adalah titik tempat bertemunya dua garis/lebih

Notepad.Aplikasi pengolah teks biasa (tanpa cetak tebal,miring maupun bergaris bawah) dalam Windows.Cara pemakainya klik (start) (program) (accessories) (notepad)

OCR.Optical character recognition.Teknologi untuk mengubah dokumen teks hasil scan menjadi bentuk teks (misalnya ke dalam kode ASCII),yang dapat di edit dengan program pengolah kata

Offline.Tak terhubung,misalnya tak terhubung ke jaringan internet

Ogg Vorbis.Jenis kompresi audio open source berkualitas tinggi.Bit rate-nya mencapai 16 sampai 128 Kbps per channel

Online.Terhubung,misalnya terhubung ke internet

Open Source Software.Jenis software yang source code-nya terbuka untuk umum,dengan demikian penggunanya dapat memodifikasinya,termasuk untuk meningkatkan kualitas software itu sendiri

Operating system.Sistem operasi.Software utama yang mengatur kerja berbagai bagian di komputer,contohnya Microsoft Windows,MacOS,Linux dan Unix

Optical Disk.Cakram optis dengan kapasitas simpan sampai 6 GB.Contohnya CD dan DVD

OSD.On-screen display.Menu bawaan monitor untuk mengatur tampilan layarnya

Overclock.Teknik meningkatkan kecepatan prosesor melalui pengaturan pada motherboard

Overheat.Panas yang berlebihan pada komputer akibat kipas untuk prosesor berhenti berputar

P2P.Peer-to-peer.Tipe jaringan yang mengizinkan pengguna lain untuk mengakses dan mendownload file anda.Sebaliknya,anda pun dapat mengakses file pengguna lain

PAL.Phase alternating line.Standar tayangan televisi/video yang umum digunakan di Indonesia

Palette.Pada program pengolah gambar,palet terdiri atas seperangkat tool dan warna untuk menggambar dan mengedit

Palm OS.Salah satu sistem operasi untuk PDA

Paper jam.Tersangkutnya kertas saat proses pencetakan di printer/ peranti multifungsi yang mengakibatkan alat macet

Paper tray.Wadah berupa baki penampung kertas pada printer

Parallel port.Port paralel/port LPT (line printing terminal).Soket yang umumnya digunakan untuk menghubungkan PC dengan printer

Partisi.Dari hard disk partition.Partisi hard disk.Pembagian ruang hard disk menjadi beberapa bagian/partisi.Setiap partisi akan berperan sebagai disk drive tersendiri,misalnya drive C,drive D dan sebagainya

Password.Serangkaian karakter (biasanya dirahasiakan) untuk pengaman akses ke file,aplikasi,sistem komputer/jaringan

Patch.Program untuk memperbaiki cacat atau bug pada suatu aplikasi

Path.Lokasi drive,folder atau subfolder yang menunjukkan tempat penyimpanan file

PCMCIA card.Kartu PCMCIA ( personal computer memory card internatioal association) atau PC card.Jenis kartu untuk menambahkan periferal pada komputer laptop

PCB.Printed circuit board.Lempengan tipis bersirkuit untuk menempatkan komponen-komponen elektronik sehingga saling terhubung

PCI.Peripheral component interconnect.Lengkapnya slot PCI.Salah satu slot pada motherboard PC untuk menambahkan periferal

PCX.Salah satu format gambar bitmap untuk program paintbrush

PDA.Personal digital assistant.Komputer saku,biasanya tanpa kibor tapi menggunakan stylus sebagai peranti input,yang dilengkapi pelbagai aplikasi layaknya PC desktop

PDF.Portable document format.Format penyimpanan dokumen teks dan gambar yang dapat dibaca dengan software Acrobat Reader buatan Adobe.Bisa juga dibaca dengan xPDF (Linux) dan OpenOffice

Periferal.Peranti tambahan yang dapat dihubungkan pada komputer,misalnya printer,scanner,kamera digital

Phreak.Lengkapnya phone phreak.Membobol jaringan telepon,misalnya untuk menelepon (interlokal/internasional) secara gratis

Phreaker.Orang yang melakukan phreaking

Pin.Jamur-jamur pada chip,colokan atau komponen untuk ditancapkan pada PCB,soket atau perangkat lainnya

Ping.Packet interNet groper.Program untuk mengetes koneksi jaringan

Pixel.Singkatan picture element.Bagian terkecil dari sebuah gambar digital yang ditampilkan monitor,atau yang ditangkap monitor,atau yang ditangkap scanner dan kamera digital

Plug and play.Colok dan mainkan.Standar Windows yang memungkinkan pemasangan periferal secara mudah

Plug-in.Peranti atau program kecil yang memperkaya fitur suatu aplikasi

Pocket PC.Salah satu sistem operasi untuk PDA

Polifonik.Dari polifoni (polyphony).Komposisi musik yang terdiri atas lebih dari dua suara instrumen yang dimainkan berbarengan

POP3.Post office protocol 3.Protok untuk menerima e-mail dari mail server

Port.Soket/entry point pada komputer untuk berhubungan dengan peranti lain

Portal.Lengkapnya web portal.Situs web yang menyajikan berbagai layanan dari e-mail,forum,search engine,sampai toko online

Ppm.Pages per minute.Kecepatan cetak yang diukur jumlah halaman setiap menitnya

PPT.Format file dokumen standar aplikasi Microsoft PowerPoint

Print head.Bagian dari printer inkjet yang berfungsi mengatur keluarnya tinta.Letaknya diantara kartrid dan jarum penyemprot tinta

Print preview.Tampilan dokumen atau file sebagaimana hasil cetaknya nanti

Print screen.Tombol pada kibor untuk menangkap tampilan layar monitor

Progress bar.Indikator keberlangsungan suatu proses (instalasi,download dan sebagainya).Biasanya ditunjukan dengan persentase atau bar yang bergerak

Prompt.Simbol pada layar monitor yang menunjukkan bahwa komputer sedang menunggu perintah

Proprietary.Lengkapnya proprietary software.Kebalikan dari open-source software.Jenis software yang source code-nya tertutup.Contohnya software buatan Microsoft

Prosesor.Chip yang merupakan otak dari komputer.Semakin cepat prosesor semakin bagus pula kinerja PC

Protokol.Format transmisi data antara dua peranti

Proxy server.Server yang fungsinya menghubungkan komputer klien dalam jaringan LAN ke internet

PS/2 port.Port yang biasa dipakai untuk menghubungkan PC dengan mouse dan kibor

PSTN.Public switched telephone network.Biasa juga disebut POTS (plain old telepon service).Sistem telepon kabel yang menggunakan kabel tembaga dan membawa sinyal suara analog.Contohnya jaringan telepon PT Telkom

PVR.Personal video recorder.Biasa juga disebut hard disk recorder,digital video recorder,personal video station,atau personal TV receiver.Perekam siaran televisi yang menggunakan hard disk

Query.Pencarian informasi dalam sistem database

Queue.Antrian aplikasi atau task yang menunggu eksekusi

Quick launch.Deretan ikon pada taskbar untuk membuka suatu aplikasi dengan sekali klik

Radio button.Tombol opsi yang diilhami oleh tombol pada radio model lama,sehingga pengguna aplikasi hanya dapat menetapkan salah satu dari sejumlah pilihan

RAM.Random access memory.Tipe memori yang dapat dibaca atau ditulisi oleh komputer atau peranti lain.Informasi yang tersimpan di dalamnya akan hilang bila komputer dimatikan

Rambus.Dari nama rambus Inc,produsen chip yang penemuannya menjadi standar kecepatan kinerja kartu memori

RDRAM.Rambus DRAM

Real-time.Kesesuaian waktu antara yang berlangsung di komputer dengan dunia nyata.Memang tak persis benar ketepatannya,tetapi karena reaksi yang diberikan oleh komputer begitu cepat maka dapat dianggap bersesuaian waktu.Misalnya dalam chatting,begitupun dalam online gaming.Untuk mudahnya,bayangkanlah tayangan siaran langsung televisi.Namun dapat juga berarti kesesuaian waktu berupa panjang jam,menit,dan detik pada sebuah aplikasi yang sama persis dengan jam,menit dan detik dalam arloji pemakai komputer

Reboot.Sama dengan restart.Mematikan dan menghidupkan ulang komputer

Receiver.Penerima sinyal

Recycle bin.Keranjang sampah.Folder dalam Windows untuk menampung file dari folder lain yang dihapus secara manual.File terhapus itu dapat dihidupkan lagi,dan dapat pula dimusnahkan untuk selama-lamanya

Red-eye.Mata merah.Efek pada hasil pemotretan berupa mata merah akibat pantulan retina saat diterpa lampu kilat

Red eye reduction.Fasilitas pada kamera untuk mengurangi efek mata

Refresh.Cara untuk mempersegar/memperbarui tampilan data dan gambar pada layar monitor

Refresh rate.Tingkat kecepatan penyegaran tampilan monitor agar gambar yang ditampilkan tak kelihatan berkedip-kedip.Batas minimal kecepatan adalah 75 gambar per detik

Registry.Database penampung informasi tentang konfigurasi komputer.Windows akan selalu merujuknya untuk menjalankan peranti lunak dan peranti keras.Registri ini secara visual diwakili oleh serangkaian huruf dan angka

Remote access.Akses komputer jarak jauh yang memungkinkan seorang pengguna komputer maupun peranti digital lainnya dapat mengendalikan dan memanfaatkan komputer lain yang terhubung

Remote computer.Komputer di sebuah tempat yang dapat diakses dari tempat lain dengan saluran komunikasi

Removable storage.Cara penanganan data dalam media penyimpanan agar dapat diakses oleh beberapa aplikasi sekaligus

Rendering.Proses unttk memproduksi gambar (3D) sehingga hasilnya tampak lebih nyata

Resolusi.Ukuran ketajaman gambar yang ditentukan oleh banyaknya detil gambar pada monitor atau hasil cetak.Makin tinggi angkanya makin bagus.Untuk monitor,resolusi 1024 x 768 pixel lebih bagus ketimbang 800 x 600 pixel.Pada hasil cetak,resolush 1.200 dpi lebih bagus ketimbang 600 dpi dan yang lebih rendah

Restore.Mengembalikan sistem komputer ke kondisi semula,sebelum dilakukan perubahan

RGB color space.Singkatan red,green,blue.Warna-warna dasar pada layar televisi dan monitor serta tinta printer berwarna.Variasi penggabungan warna-warna itu akan menghasilkan warna-warna lain
Rip.Prosesnya disebut ripping.Dalam musik digital berarti cara untuk mengubah file dalam CD audio ke dalam file berformat WAV untuk kemudian diubah lagi menjadi berformat MP3

RJ-11.Singkatan registered jack-11,tipe soket plug and play yang digunakan modem untuk koneksi dengan soket telepon,melalui sebuah konverter
Roaming

Penjelajahan.Penggunaan saluran komunikasi selular lokal oleh sebuah nomor yang berasal dari lokasi lain

ROM.Read only memory.Jenis data dalam media penyimpanan yang hanya dapat dibaca,tak dapat dihapus maupun diedit

Root.Tingkat tertinggi dalam hirarki informasi.Sama dengan administrator sistem pada keluarga sistem operasi Windows yang memiliki kewenangan untuk mengatur segala hal yang berhubungan dengan sistem operasi tersebut

Root directory.Direktori dasar untuk memulai semua direktori yang ada di hard disk atau disket

Router.Peranti keras yang bertugas mengatur lalu lintas data antarjaringan komputer

RTF.Rich text format.Format file yang dikembangkan oleh Microsoft,untuk dokumen yang bisa ditransfer atau dibuka di berbagai aplikasi pemrosesan data

S-Video.Koneksi video yang mampu memisahkan informasi kecerahan,warna dan ketajaman gambar.Biasanya dijumpai pada camcorder atau kartu grafis terbaru

S-VHS.Super VHS.Video berfrekuensi tinggi yang berkualitas bagus.Biasanya digunakan untuk camcorder

Satellite receiver.Satelit penerima sinyal yang pada GPS digunakan untuk menentukan intensitas warna

Safe mode.Salah satu respon sistem operasi Windows ketika sistemnya bermasalah sehingga tidak mapu berjalan dalam mode normal.Dalam safe mode,pengguna dapat mendeteksi dan memperbaiki masalah tersebut

Scan.Pindai.Cara untuk mengubah gambar dan teks menjadi berformat elektronik,sehingga hasilnya bisa diolah oleh PC

Scanner.Pemindai.Suatu alat yang menggunakan sensor untuk mengonversi gambar,foto atau dokumen menjadi data yang bisa diinterpretasikan oleh software

Scanning.1) proses pemindaian dokumen analog menjadi dokumen digital
2) proses memeriksa file baik dari disket,jaringan,atau internet yang dilakukan oleh antivirus untuk mendeteksi virus

ScanReg.Program yang mengecek setting komputer.Meskipun program ini dapat dimatikan sementara,ia tetap harus dijalankan sesudahnya untuk memastikan bahwa komputer anda berjalan dengan benar

SCRAT.Colokan 21 pin untuk mengatur transfer sinyal video dan audio

Screensaver.Program yang berjalan setelah sekian lama PC nonaktifkan.Biasanya menampilkan gambar yang bergerak-gerak di seluruh bagian layar

Screen capture.Cara untuk menangkap tampilan di layar monitor menjadi sebuah gambar,yang dapat disimpan sebagai sebuah file,agar dapat dicetak atau diolah dalam sebuah aplikasi

Screenshot.Gambar yang diambil (capture) dari tampilan di layar monitor.Gambar tersebut bisa di-copy ke sebuah program atau langsung dicetak

Scroll bar.Alat navigasi berbentuk batang,dengan panah atas-bawah,yang memudahkan anda menggeser ke bagian atas atau bawah halaman dokumen dalam monitor

SCSI.Small computer system interface,suatu koneksi sangat cepat antara peranti-peranti seperti disk drive dan scanner dengan PC

SD.Secure digital.Kartu memori yang sudah dilengkapi fitur pengamanan data.Kartu ini merupakan generasi kedua dari MultiMedia Card.Banyak digunakan oleh MP3 player dan handheld computer

SDRAM.Synchronous dynamic random access memory.Jenis memory yang dapat disesuaikan dan disinkronisasikan dengan CPU clock

Search engine.Sebuah fasilitas dalam internet berupa halaman web yang bisa mencari links dari situs lain berdasarkan kata kunci.Misalnya google.com dan searchindonesia.com

Sel.Kotak isian untuk angka atau huruf yang merupakan bagian dari sebuah lembar kerja pengolah angka.Penamaan kotak tergantung pada posisi baris dan kolom sehingga menyerupai koordinat.Misalnya "D15" berarti posisi sel pada kolom D,baris ke-15

Self-test.Kemampuan printer untuk mengetes kualitas cetak sesuai spesifikasinya

Selular.Sistem radio telepon yang memecah suatu wilayah menjadi subwilayah kecil dengan saluran yang dapat dipakai secara bersamaan oleh beberapa pengguna sekaligus

Serial port.Soket di bagian belakang PC yang digunakan untuk menghubungkan perangkat-perangkat
serial.Digunakan juga dengan nama COM port.Sering digunakan pada PC untuk menghubungkan modem eksternal,kamera digital dan PDA atau dulu menancapkan sambungan mouse

Server.Komputer yang menjadi pusat dan pengontrol dalam sebuah jaringan

Share.Menyebarkan file di internet,dengan menjadikannya dapat di download oleh pengguna lain

Shareware.Software gratisan di internet yang biasanya mempunyai batasan waktu berlaku,misalnya 30 hari,setelah itu tidak dapat dipakai lagi kecuali si pemakai membayar pembuat software
Shortcut.Cara cepat membuka program aplikasi,bisa dengan tombol kibor atau pengeklikan ikon

Signature.1) tanda atau teks identitas pengirim e-mail yang dikirimkan
2) software antivirus dapat diupdate untuk mendeteksi virus-virus baru dengan men-download signatures baru.Fungsinya mirip dengan sidik jari untuk mengidentifikasi penjahat

Sign in.Prosedur memasuki layanan internet yang hanya terbuka bagi anggota

Sign out.Prosedur keluar dari layanan internet yang hanya terbuka bagi anggota

SIM.Subscriber identity module.Kartu berisi microchip yang biasa digunakan untuk ponsel jenis GSM.Kartu tersebut berisi identitas pemakai,kode untuk mengakses jaringan,buku alamat/telepon dan SMS

SIMM.Single in-line memory module.Kartu memori berisi chip yang dapat ditancapkan pada slot memori.Jumlah konektor 72 pin.

SIS.SymbianOS installer file.Format installer file untuk aplikasi bersistem operasi Symbian

Situs.Site.Sebuah komputer yang terhubung oleh internet,dan menyajikan informasi atau layanan,seperti newsgroup,e-mail,atau halaman web

Skin.Wajah visual sebuah aplikasi berikut tombol-tombol pengontrol yang didesain khusus

Slide bar.Pengatur untuk mengubah sesuatu dalam sebuah aplikasi.Cara penggunaannya dengan mengeklik dan menggesernya

Slot.Tempat untuk memasukkan kartu-kartu dalam motherboard

SLR.Single lens reflex.Lensa refleks tunggal.Jenis kamera yang memungkinkan intipan anda sama dengan yang ditangkap oleh lensa

Smart messaging.Sistem yang dirancang nokia untuk mentransfer nada dering,gambar,agenda dan kartu nama digital melalui ponsel

Smartphone.Konsep yang menggabungkan peranti komunikasi bergerak dengan kamera digital dan fasilitas audio

Smiley.Smiling face.Penulisan teks yang mulanya melambangkan wajah tersenyum,untuk kepentingan chatting dan e-mail.Bentuk paling klasik adalah :) atau :(.Untuk memahaminya si pembaca harus memiringkan kepala.Istilah ini sering dikacaukan dengan emoticon

SMS.Short message service.Layanan pengiriman dan penerimaan pesan tertulis secara ringkas dengan telepon (selular),maksimal 160 karakter per pesan

SMTP.Simple mail transfer protocol.Tata cara pengiriman e-mail dari komputer anda melalui internet

Software.Sebuah atau kumpulan program yang akan mengoperasikan kerja hardware

Solid-state.Semua alat,termasuk MP3 player dan memory card,yang tak memiliki jeroan yang dibongkar pasang

Sound card.Kartu suara.Sejenis lempengan elektronik di dalam komputer yang mampu menghasilkan sinyal suara analog

Source code.Kode inti dari sebuah software atau program komputer,berupa teks yang disusun dalam bahasa pemrograman,dan sangat berguna untuk perbaikan atau pengembangan software atau program

Spam.Pesan berupa e-mail massal yang tidak anda inginkan atau tak anda langgani,bisa berupa pesan yang tak berarti atau iklan yang kurang berguna dari pihak yang tak anda kenal

Spammer.Orang yang mengirim junk e-mail atau spam

Speedstep.Teknologi intel untuk menurunkan kecepatan prosesor saat berjalan di atas baterai.Kecepatannya memang turun,tapi hemat tenaga baterai 20-30 persen.AMD juga memiliki teknologi serupa dengan nama powernow

Spreadsheet.Program untuk mengolah angka (mengalikan,membagi,menambah,dan mengurangi) dalam tabel

Spyware.Program yang dirancang untuk mengintip isi komputer dan aktivitas berkomputer anda,dan hasil intipannya terkirim kepada pihak yang mengendalikan program itu.Program ini juga bisa mengontrol sistem PC yang dimasukinya dari jarak jauh


Stabilizer.Alat untuk menstabilkan tegangan listrik (voltase) yang masuk ke komputer bahkan saat terjadi lonjakan maupun kemerosotan tegangan

Startup disk.Nama lainnya: bootable disk.Disket yang digunakan untuk mereboot PC.Disket seperti ini cukup membantu anda untuk melakukan penyelamatan data saat sistem operasi pada hard disk terganggu (misalnya karena virus)

Stationery.Tampilan pada Outlook Express berupa latar belakang bergambar,yang dapat anda timpa dengan teks e-mail

Statistik web.Fasilitas yang mencatat data dari sebuah web

STO.Sentral telepon otomat.Tempat yang mengatur lalu lintas telepon telkom secara otomatis,sehingga anda bisa menelepon dengan memijit tombol angka,tanpa bantuan operator

Storyboard.Jalinan cerita bergambar terbingkai mirip komik yang kemudian diadopsi oleg program editing video sebagai tempat untuk mengatur bingkai atau potongan-potongan video,sebelum disusun menjadi sebuah klip video utuh.Di dalamnya anda bisa memasukkan efek suara,animasi,teks dan transisi

Streaming.Penayangan audio-video melalui internet

Style.Judul pendahuluan atau bagian dari dokumen yang berisi jenis font,aligment,ukuran dan spesifikasi lainnya yang mengatur sebuah teks dalam dokumen tersebut

Surround.Sistem suara yang dapat membuat ilusi suara multiarah,melalui penempatan spiker dan pemroses sinyal

Subscribe.Mendaftar untuk berlangganan pada sebuah milis atau layanan online lainnya
Subwoofer.Jenis spiker yang dirancang untuk menghasilkan bass yang kuat

SWF.File hasil konversi flash.File ini tak bisa anda edit dalam program flash namun bisa anda impor ke dalam sebuah file flash yang berformat .fla

Switch.Tombol kecil yang mengatur konfigurasi motherboard komputer


Symbol.Lambang.Gambar khusus yang memiliki karakter khusus.Ada tiga macam simbol,yakni graphic,button dan movie clip.Di dalam sebuah simbol,bisa terdapat satu atau beberapa simbol lagi


System.ini .Salah satu file yang diaktifkan saat proses booting Windows.Berisi informasi konfigurasi dasar yang digunakan oleh program-program Windows


System files.File yang bekerja ketika komputer mulai berjalan (start up),yang bisanya berisi instruksi-instruksi penting untuk membuat hardware dan software berjalan normal


System recovery point.Sebuah fitur pada Windows Me dan XP yang mengambil sampel files sistem PC,yang nantinya dapat digunakan untuk memulihkan Windows agar kembali ke penyetelan semula

System tray.Tampilan pada taskbar,di kanan bawah desktop,berisi ikon yang menunjukkan program yang sedang aktif.Diperkenalkan mulai Windows 9

Template.Desain siap pakai untuk mengisikan teks dan gambar agar menghasilkan sebuah dokumen baru

Tab.Tampilan mirip pembatas buku agenda,berupa tonjolan dari tumpukan lembaran,sebagai bagian dari boks dialog program komputer.Setiap tab mewakili sebuah kelompok pilihan dan penyetelan

Tag.1) Dalam HTML : tanda dalam pembuatan halaman web agar hasilnya dapat dibaca di web browser
2) MP3 : bagian dari file MP3 yang berisi info tentang artis dan lagunya

Taskbar.Baris menu yang berada di sisi bawah layar Windows 98 ke atas yang berisi system tray,quick launch,tombol start dan program lain yang sedang berjalan

TCP/IP.Transmission control protocol/internet protocol.Tata cara untuk mentransfer data dan informasi dari satu komputer yang terkoneksi internet ke komputer lain

Teleconference.Percakapan lebih dari dua orang melalui saluran telepon

Telecopier.Alat penggandadokumen secara jarak jauh via satelit.Dikopi di satu tempat,hasilnya di terima di tempat lain.Alat ini akhirnya dikenal sebagai faksimile

Telegraphic transfer.Perintah transaksi keuangan dari satu bank ke bank lain via teleks dengan teks berisi sandi

Teleks.Dari telex.Sistem pengiriman teks antarmesin tik melalui jaringan telepon

Teleprinter.Perangkat untuk mencetak pesan jarak jauh

Temporary file.File yang tersimpan dalam hard disk anda sebagai hasil pengaktifan aplikasi tertentu.File ini berfungsi sebagai pengingat,agar setiap kali anda membutuhkan sebuah file maka komputer langsung menyampaikan apa yang diingatnya

Temporary internet files.Salah satu nama folder di dalam Windows,berisi file dari halaman internet yang telah anda buka untuk mempercepat penampilan kembali

Test page.Halaman yang digunakan untuk mengetes (melihat) hasil pencetakan

TFT.Thin film transistor.Teknologi yang dipakai pada layar monitor tipis LCD,disebut juga active matrix display,yang sanggup menghasilkan banyak warna dan detail

Theme.Kesatuan visual unik yang terdiri atas warna,huruf,gambar dan suara,dalam sebuah aplikasi

Thumbnail.Sebuah gambar kecil dalam halaman web atau paparan digital lainnya yang akan membesar bila di klik

Ticker.Sebuah aplikasi mini yang berfungsi sebagai pengirim judul-judul berita dari suatu situs tertentu ke layar desktop anda

TIFF.Tagged image file format.Format standar file yang biasa digunakan oleh suatu gambar grafik.Dapat berupa monokrom,greyscale,dan gambar berwarna 8-bit atau 24-bit,yang mengandung 2 juta sampai 16 juta warna.Gambar berformat TIFF dapat dikompres tanpa kehilangan detil gambar

Toner.Tinta berupa serbuk yang digunakam dalam printer laser atau mesin fotokopi.Sebagian besar tipe toner adalah karsinogenik

Toolbar.Kotak kecil memanjang dalam layar aplikasi yang memuat berbagai ikon untuk mengakses fitur lain secara cepat,misalnya menyimpan dan mencetak

Tooltip.Jendela mini berisi informasi yang muncul saat anda mendekatkan mouse pointer ke obyek tertentu

Track.Jalur penampung hasil rekaman suara yang dapat dimainkan terpisah dari lagu utama (kumpulan track lainnya),dan bisa diedit

Transcribe.Menyalin nada (auditif) ke dalam notasi (visual)

Transistor.Komponen dari gabungan material semikonduktor yang dapat menguatkan sinyal atau untuk membuka/menutup sirkuit

Trial.Masa percobaan sebuah software dengan batasan waktu atau jumlah pemakaian.Lebih dari itu anda diminta membayar

Trojan horse.Kuda troya.Program perusak yang menyamar sebagai program yang tidak berbahaya.Berbeda dengan virus,trojan horse tidak selalu berusaha menggandakan diri

Truetype.Teknologi penampil dan pencetak font yang dikembangkan oleh Microsoft dan Apple,yang memungkinkan tampilan huruf di monitor sama persis dengan hasil cetakannya

Tutorial.Program petunjuk untuk menjalankan aplikasi

TV-out.Soket pada kartu grafis yang digunakan untuk melakukan koneksi soket serial-in pada TV

TV tuner.Kartu dalam PC yang dapat menerima sinyal TV dan menayangkan gambar TV ke monitor anda

TWAIN.Technology without an interesting name.Standar komunikasi antara perangkat seperti scanner dan kamera digital dengan komputer.Sering dipelesetkan menjadi " technology without an important name"

Type II PC card.Kartu ekspansi PDA paling umum digunakan seukuran kartu kredit. Cocok dengan slot Type II PC Card

Unix.Sistem operasi yang dikembangkan Bell Labs sejak tahun 1969.Pada kurun 80-an,Unix merupakan proprietary software yang dominan di pasaran

Unzip.Kebalikan dari ZIP,berupa pemekaran file yang telah dikecilkan agar kembali ke ukuran semula

Updating.Proses memperbarui data pada pangkalan data,baik dengan menambah,memperbaiki,maupun mengurangi

Upgrade.Mengganti atau menambahkan hardware atau software versi terbaru yang bertujuan untuk meningkatkan performa notebook/PC

Upload.Proses mentransfer informasi dari sebuah komputer ke komputer yang lain/server melalui internet

Upstream.Transmisi data dari pengguna komputer ke server melalui jaringan seperti LAN atau internet

UPS.Uninterruptible power supply.Alat penyedia arus listrik untuk komputer bila listrik PLN padam/dipadamkan

URL.Universal resource locator.Alamat sebuah dokumen atau sumber-sumber lainnya di internet.Diawali dengan protokol yang digunakan (HTTP/FTP) dan diikuti alamat IP atau nama domain.

USB.Universal serial bus.Soket yang terdapat di semua PC model baru untuk koneksi perangkat-perangkat USB.USB mendukung instalasi yang mudah dengan sistem plug and play dan secara bertahap menggantikan port serial dan paralel yang lama.Misalnya untuk scanner,modem dan printer

Usenet.Dari "user network" sekumpulan pesan dalam satu grup,newsgroup yang dapat diakses oleh komputer dari seluruh dunia dengan atau tanpa internet.Cara untuk menuliskan pesan ke dalam usenet disebut posting.Newsgroup dikelompokkan atas geografi dan hobi

User friendly.Gampang digunakan.Diterapkan untuk peranti keras maupun lunak

User interface.Tampilan program komputer dan cara pengoperasiannya bagi pengguna.Sistem operasi seperti Windows punya GUI (graphical user interface) yang mudah dimengerti ketimbang user interface berbasiskan teks seperti pada MS-DOS

Utilities.Program yang bertugas mengatur pekerjaan rutin dalam PC agar kinerja PC menjadi lebih bagus dan lancar

Utility software.Program kecil yang berfungsi sebagai alat bantu untuk melakukan tugas khusus,dan seringkali bukan merupakan bagian dari paket pembuat sistem operasi

UTP.Unshielded twisted pair.Salah satu jenis kabel yang umum digunakan dalam sebuah LAN.Tingkat transmisi datanya mencapai 100 Mbps

UXGA.Ultra extended graphics array.Spesifikasi tampilan yang mampu menyajikan resolusi hingga 1600 x 1200,atau sekitar 1.9 juta pixel

Validasi.Proses pengesahan perubahan data pada pangkalan data

Vektor.Gambar yang terbentuk dari rangkaian titik yang berhubungan.Gambar ini mengandung unsur matematis seperti arah,ukuran,sudut,ketebalan,warna dan sebagainya

Vendor.Penjual barang yang langsung melayani konsumen

VGA.Video graphics array.Standar dasar untuk gambar atau tampilan,khususnya pada monitor dan kartu grafis agar bisa menampilkan 16 warna yang berbeda dengan resolusi 640 x 480 pixels

Video graphics card.Lempengan elektronik dalam PC untuk menampilkan gambar,teks,dan gambar bergerak pada monitor anda

Video CD.Video dengan format CD,kualitasnya lebih rendah dari video pita VNHS

Video conference.Menghubungkan dua atau lebih PC untuk menangkap dan men-display video dan audio secara realtime,sehingga orang yang berada di tempat yang berjauhan bisa saling melihat dan berbicara

Video editing card.Kartu tambahan untuk mentransfer dan mengonversi video dari handycam ke PC agar dapat diolah kembali

Viewfinder.Jendela pengintip pada kamera untuk mengintip obyek yang akan anda foto

Virus.Program yang menyusup dan menggandakan diri di dalam hard disk PC,dan sanggup bekerja sendiri untuk merusak cara kerja dan data dalam PC anda

Virus checking.Proses pemeriksaan suatu program atau file terhadap kemungkinan adanya virus yang dapat merusak hard disk

VoIP.Voice over internet protocol.Teknologi telepon melalui jaringan internet.Ragam aplikasinya antara lain PC ke PC,PC ke telepon,telepon ke PC dan telepon ke telepon

Walpaper.Gambar yang menjadi latar belakang atau pengisi desktop pada Windows

WAN.Wide area network.Seperti LAN namun cakupannya lebih luas,karena berhubungan dengan jaringan di tempat lain

WAP.Wireless application protocol.Sistem penyampaian informasi bergaya web untuk alat komunikasi elektronik nirkabel,terutama ponsel dan PDA

WAV.Format penyimpanan file suara yang digunakan oleh Windows

Web-based e-mail.Mailer atau aplikasi e-mail yang berbasis web,atau disajikan dalam sebuah situs.Contoh : astaga.com,mailcity.com,hotmail.com,dan sebagainya

Web browser.Aplikasi untuk melihat halaman web di internet,seperti Nestcape Navigator,Internet Explorer,Opera,Mozila Firefox,dsb

Webcam.Kamera video yang didesain untuk berhubungan dengan PC anda.Kamera bisa digunakan untuk merekam klip video yang bisa anda kirim lewat e-mail atau untuk mentransmisikan gambar secara langsung di internet untuk keperluan video conferencing

Web hosting.Penyediaan ruang untuk menyimpan halaman web oleh pemilik komputer/server,yang dapat diakses 24 jam via internet

Weblog.Situs pribadi yang dilengkapi mesin updater yang memudahkan pemiliknya untuk membuat,mengubah,dan memperbarui isi situs,biasanya berupa jurnal dan diari

Web pages.Dokumen-dokumen online yang disimpan di internet.Mereka menghubungkan teks dan gambar,sering pula klip video dan audio ke dalam suatu keseluruhan yang koheren.Masing-masing bisa diakses dengan mengetikkan alamatnya

Web to mail.Istilah untuk e-mail yang berisi tampilan situs yang diubah menjadi plain text,dilengkapi dengan daftar alamat link yang menjadi rujukannya

Web template.Sekumpulan dokumen HTML yang memiliki struktur dokumen maupun desain yang sudah ditentukan

WECA.Wireless ethernet compatibility alliance.Organisasi industri yang memberi sertifikasi pengoperasian WiFi/802.11b produk jaringan nirkabel

Wi-Fi.Nama lain dari standar teknologi nirkabel 802.11b.Popularitasnya menanjak beriringan dengan bluetooth

Wildcard.Sebuah karakter yang bisa diganti oleh satu atau lebih karakter dalam pencarian di web

Windows CE.Versi kecil dari Windows yang dikembangkan untuk palmtop dan PDA

Winzip.Program untuk memampatkan file dan memecahnya,sehingga ukurannya lebih kecil

Wizard.Sebuah urutan langkah demi langkah dalam Windows untuk menjalankan aplikasi atau fungsi secara mudah

WMV.Windows Media Video.Format file video milik Microsoft.

WLAN.Wireless local area network.Teknologi yang menghubungkan komputer dan periferalnya secara nirkabel

WMA.Windows Media Audio.Format kompres musik digital yang dikembangkan oleh Microsoft dan dimainkan dengan Windows Media Player versi mutakhir.Mutunya setara dengan MP3

Wordart.Fitur pada Microsoft Word yang memungkinkan anda mengaplikasikan berbagai teks dengan efek khusus

Workbook.File tempat anda bekerja dan menyimpan data yang terdiri atas beberapa worksheet.Workbook nama lain untuk sebuah file Microsoft Excel

Worksheet.Lembaran " kertas " pada layar yang berfungsi sebagai kertas kerja.Contohnya seperti pada worksheet Microsoft Excel

Workstation.Sebuah meja kerja dengan sistem komputer yang lengkap

Worm.Sebuah program komputer yang dibuat untuk dapat menyebar menggandakan diri secara cepat dalam jaringan,kebanyakan melalui e-mail dan bertujuan untuk membuat kekacauan dan kerusakan pada sistem

Wrap text.Menampilkan kata-kata dalam sebuah sel lebih dari satu garis dan secara otomatis menaikkan tinggi sel

WYSIWYG.What you see is what you get.Apa yang anda lihat pada layar monitor,itulah yang akan terlihat pada bidang cetak maupun tampilan akhir pada monitor

X Window.Biasa disebut X saja.Tampilan yang digunakan oleh keluarga sistem operasi Unix.Pada perkembangannya juga digunakan untuk Linux

xD.eXtremf digital,disebut juga DPC (xD-Picture card).Kartu memori yang dikembangkan oleh FujiFilm dan Olympus.Kemampuan transfer datanya 5 MB/detik


Xerox.Nama perusahaan pengembang mesin fotokopi,sehingga pada sebagian masyarakat Barat " xerox " ( dengan x kecil ) berarti fotokopi.




Cape juga nih,hehehehe,nggak apa - apa deh....yang penting kita bisa belajar bareng.... Bookmark and Share

{ 1 komentar... Views All / Post Comment! }

info ponsel said...

lengkap juga kamusnya. . .
thanks cil. . :)


http://yuyaindou.blogspot.com

Post a Comment