Sepeda Masa Depan Apple

Produsen komputer ternama di dunia,Apple,sepertinya mulai melirik dunia roda dua. Memang bukan menggunakan mesin, tapi setidaknya saranan transportasi sepeda pintar. Belum ditentukan namanya, namun kalau ditilik dari jejeran produk yang ada mulai iPhone, iPad dan iMac mungkin nama sepeda ini bisa-bisa iCycle atau iBike?
Aplikasi paten tersebut, yang diterbitkan oleh US Patent & Trademark Office pada 5 Agustus lalu menunjukkan ‘Smart Bike’ yang merupakan konsep sepeda berteknologi tinggi ala Apple. Paten ini diajukan pada kuartal pertama 2009.



Intinya, seperti dikutip dari PCWorld, 10 Agustus 2010, sepeda tersebut merupakan sistem satu kesatuan yang memungkinkan pengendara login dan berbagi informasi secara nirkabel seputar aktivitas mereka.
"Selain berfungsi sebagai sistem individual, alat ini memungkinkan terkoneksi dengan pesepeda lain bahkan dalam posisi mengayuh, mengetahui kesulitan lain dan saling memecahkan masalah. Sistem sepeda ini juga bisa memonitor berbagai elemen mulai dari kecepatan, jarak, waktu, ketinggian, ketinggian lereng, denyut jantung, kekuasaan, jalur yang telah dilalui, irama, kecepatan angin, jalur alternatif, kekuatan, dan kecepatan," jelas pihak Apple.
Sepeda yang belum dinamai itu, dilengkapi dengan slot untuk iPod atau iPhone yang terhubung dan menggunakan sensor untuk memberikan informasi 'real-time' kepada sang 'biker'. Teknologi apa yang digunakan untuk mengukur aktivitas tersebut belum diungkapkan, akan tetapi kemungkinan sensor detak jantung ditempatkan pada setang, accelerometer dan GPS disediakan di iPhone.Aplikasi itu juga memungkinkan teknologi 'voice command' untuk mengendalikan fungsi tertentu pada sepeda itu, misalnya pemindahan gigi. 'Voice command' juga bisa menggunakan microphone yang dipasang di helm yang dikenakan pengendara atau menggunakan speaker iPhone agar suara terdengar lebih besar dan jelas.
Kebanyakan 'biker' profesional tentunya sudah mengetahui bahwa seluruh informasi yang akan dikumpulkan oleh ‘iBike’ tersebut sebenarnya sudah bisa didapat selama bertahun-tahun sejak banyaknya perangkat komputer mini dan teknologi GPS hadir.Akan tetapi,mereka para penikmat sepeda biasa tentu tidak ingin menghabiskan uang hanya untuk aplikasi seperti itu.


sepeda dengan technology Apple

Akan tetapi tentunya jika ada yang menyediakan satu paket sepeda lengkap dengan peralatan pengukur dan aplikasi-aplikasinya serta kemudahan untuk login ke database, tentu akan menghadirkan pengalaman bersepeda yang sedikit berbeda dengan merakit sendiri sistem sepeda Anda.
Apa lagi perangkat yang dimiliki para biker profesional itu hanya memberikan informasi seputar rute, peristirahatan, jarak, waktu, atau kecepatan. Ada sejumlah aplikasi Bike Computer di App Sore seperti Cycle Meter, Cycle Tracker, dan Cycle Watch yang dikembangkan khusus untuk penggendara sepeda. Meski masing-masing mampu menampilkan statistik pengendaraan sepeda, seperti kecepatan, rute, waktu, jarak tempuh, dan sebagainya, tak ada satu pun yang mampu menyajikan data secara akurat. Ditambah lagi, pengguna cukup direpotkan karena aplikasi ini umumnya tak menyertakan mount untuk meletakkan iPhone di setang sepeda. Walaupun mount bisa dibeli terpisah, ini tidak mengatasi masalah akurasi.
Apple ingin menyediakan informasi yang lebih luas dan real time untuk memperkaya pengalaman bersepeda sambil menikmati iPhone atau iPad yang tersambung dengan sensor yang terpasang di sepeda melalui sambungan internet 3G.
Dilengkapi dengan perangkat itu, jika tersesat biker bisa langsung mengakses Google Maps, atau juga memantau detak jantung, kecepatan, tenaga, kecepatan angin, kemiringan, pola jalur, dan lain-lain di layar yang tersedia.
Sebuah blog yang selalu memantau aplikasi yang dipatenkan oleh Apple, Patentlyapple.com, mengulas sekilas tentang protipe sepeda masa depan perusahaan yang terkenal dengan produk komputernya itu.


"Paten Apple itu adalah tentang penggunaan sistem iPhone atau iPod pada sepeda sehingga para pesepeda bisa berbagi informasi satu sama lain," bunyi pernyataan dalam laman web itu.
"Dalam bentuk lain, aplikasi ini bisa digunakan di kendaraan lain seperti sepeda motor, mobil, truk, atau jenis tranportasi lain seperti ketika berjalan, berlari, berkuda, atau transportasi menggunakan hewan lain," isi blog itu,terkesan berharap.
Rencana Apple akan masuk ke produk transportasi individu bocor dari departemen paten di Amerika Serikat. Dikabarkan perusahaan ini tengah mendaftarkan hak intelektualitas sepeda pintar itu. Jadi, mirip-mirip produk hasil kolaborasi Nike dan iPad untuk para penggemar jogging yang sudah ada di pasar.
Koneksivitas sepeda ini menggunakan berbagai gelombang mulai dari GPRS, CDMA, EV-DO, EDGE, 3G, DECT. IS-136/TDMA, iDen, LTE, dan masih banyak lagi. Piranti juga bisa diaplikasikan ke berbagai jenis sepeda lain. Jadi, kemungkinan Apple juga bakal menawarkan paket terpisah dengan dan tanpa sepeda.
Untuk kualitas layar, tak perlu khawatir Apple membekali dengan model liquid crystal display (LCD), light emitting diode (LED) display, organic light-emitting diode (OLED) display, surface-conduction electron-emitter display (SED), carbon nanotubes, nanocrystal displays, dan masih banyak pilihan lain.


Source : berbagai sumber. Bookmark and Share

{ 7 komentar... Views All / Send Comment! }

anggar berkawand said...

wah2.......... Apple menang sll terdepan..
PERTAMAX...
nice post..
SALAM BERKAWAND ....

Jasmine said...

Anggar : iah gan,hehehe,salam juga..
Akhatam : sip lah...

Elvindinata said...

keren kali ya ni sepeda,,,, boleh ni buat ngabuburit,,hehehe

Jasmine said...

kumpulan berita terkini : weh setuju lah gan hehe
Elvindinata : wihh mantap tuh,udah sehat,begaya pula hehe
Komputer tips : belum tau tuh gan,ditunggu aja ya,

Erdien said...

Keren nih inovasinya!!!

Erdien said...

Inovasi yang kreatif nih!
Makasih sharingnya ya :)

Jasmine said...

erdien : ia ya,hehehe
complete : ok salam kenal uga :)
perawatan AC : ok siap tunggu dimana?
tukang colong : hohohoho langsung beli yang ini aja ka,hahha

Post a Comment